Masyarakat Kehilangan Kerja karena Corona akan Dipulangkan

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 02:41 WIB
Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena virus corona bisa mendatangkan masalah baru. Pemerintah mengkaji kemungkinan memulangkan masyarakat di perkotaan yang kehilangan pekerjaan akibat penyebaran virus corona ke kampung halaman. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan pemerintah tengah mengkaji kemungkinan untuk memulangkan masyarakat di perkotaan yang kehilangan pekerjaan akibat penyebaran virus corona (Covid-19) ke kampung halaman.

Menurutnya, masyarakat perkotaan yang kehilangan pekerjaan berpotensi menjadi masalah baru di masa mendatang.

"Oleh karena itu sedang dikaji kembali bagaimana kami mengatur warga yang kehilangan pekerjaan, daya beli berkurang kegiatan tidak ada, ini yang mungkin jadi persoalan baru di kemudian hari, apakah ini akan tetap dibantu untuk kembali ke kampung halaman," kata Doni dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR yang dilakukan secara virtual pada Kamis (2/4).


Dia menerangkan bahwa pemerintah juga tengah mengkaji agar masyarakat perkotaan yang kehilangan pekerjaan di tengah penyebaran virus corona ini bisa mendapatkan kegiatan baru, seperti, bertani, berkebun, dan ikut membangun infrastruktur di desa.

Rencana tersebut, kata Doni, diharapkan dapat menepis kekhawatiran Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebut Indonesia akan kekurangan pangan usai wabah virus corona berakhir.

"Sehingga ke depan ketika kita kekurangan pasokan makanan maka desa-desa itu mengalami kelebihan, sehingga kekhawatiran WHO tentang kekurangan pangan tahun ini bisa kita atasi dengan warga kita yang pulang kampung yang beralih jadi petani dan peternak," tutur Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

[Gambas:Video CNN]

(agt)