Ridwan Kamil Tiga Kali Tes Corona dan Tetap Negatif

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 16:01 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku sempat berdekatan dengan Menhub Budi Karya yang positif corona, namun dirinya tak tertular. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku dinyatakan negatif usai riga kali tes virus corona (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sudah tiga kali menjalani tes virus corona (Covid-19) dan hasilnya negatif. Padahal dia sempat berdekatan dengan Menhub Budi Karya Sumadi yang positif terinfeksi.

Ridwan Kamil alias Emil menyampaikan itu saat rapat bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin melalui sambungan teleconference, Jumat (3/4).

"Saya sehat, istri saya sehat, saya sudah tes beberapa kali. Saya tes 3 kali pak," kata Emil.


Emil menjelaskan dirinya sempat menjalani tes corona usai Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi positif terinfeksi virus corona pertengahan Maret lalu. Pasalnya ia sempat berdekatan dengan Budi Karya.

Dia juga menjalani tes usai mengikuti Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu. Diketahui, sejumlah kepala daerah dan peserta acara itu positif terinfeksi corona.
[Gambas:Video CNN]
Musda Hipmi sendiri telah menjadi salah satu klaster penyebaran virus corona. Ada enam orang yang positif usai mengikuti acara tersebut. Beberapa diantaranya adalah Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana.

"Saya nempel Pak Budi Karya, saya tes alhamdulillah negatif, saya nempel-nempel di [Musda] Hipmi saya tes lagi negatif. Alhamdulilah sehat," kata Emil.

Namun ia tak menjelaskan aktivitasnya yang ketiga sehingga ia harus menjalani tes lagi.

Emil lalu berharap wabah virus corona segera berakhir. Dia meminta doa dari Maruf dan masyarakat agar langkah Pemprov Jawa Barat menanggulangi corona berjalan efektif.

"Mudah-mudahan cepat, karena ilmu di dunia hasil matematikanya puncaknya Mei dan berakhir Juni, itu juga kalau disiplin warganya," kata Emil.

Di kesempatan yang sama, Emil mengaku telah melakukan rapid test terhadap 15 ribu orang. Hasilnya ada 677 orang positif tetapi masih perlu menjalani tes swab.

Sejauh ini, virus corona telah menginfeksi 1.790 orang per Kamis (2/4). Ada 170 di antaranya meninggal dunia dan 112 orang dinyatakan sembuh.
(rzr/bmw)