Wanita Hamil PDP Covid Meninggal di Perjalanan ke Rumah Sakit

CNN Indonesia | Sabtu, 04/04/2020 15:07 WIB
Wanita Hamil PDP Covid Meninggal di Perjalanan ke Rumah Sakit Ilustrasi ambulans membawa pasien virus corona (CNN Indonesia/Safir Makki)
Medan, CNN Indonesia -- Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona (Covid-19) asal Padangsidimpuan, Sumatera Utara meninggal dunia dalam perjalanan saat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Jumat (3/4) malam.

"PDP tersebut setibanya di RSUP Haji Adam Malik sudah meninggal dunia," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah, Sabtu (4/4).

PDP berinisial EAA tersebut diketahui sedang hamil. Dia sempat mendapat perawatan di ruang isolasi RSUD Kota Padangsidimpuan sejak Kamis (2/4). Namun kondisinya terus memburuk sehingga dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan.


"Yang dari Padangsidimpuan itu meninggal. Statusnya masih PDP, dan belum sempat di rapid test karena sampai di RS Adam Malik sudah meninggal," jelasnya.

Rencananya, jelas Aris, PDP yang meninggal tersebut akan dikebumikan di TPU Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan yang sudah dikhususkan sebagai lokasi pemakaman pasien Covid-19.

"Pasien akan dikebumikan di Medan. Saat ini lagi koordinasi antara Wali Kota Medan dan Wali Kota Padangsidimpuan," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Warga Sumatera Utara yang terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 sudah mencapai 36 jiwa pada Jumat (3/4). Jumlah itu mengalami kenaikan dari sehari sebelumnya ada 30 orang yang positif.

"Dari 36 orang yang positif itu, tiga di antaranya meninggal dunia," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumut, Mayor KES dr Whiko Irwan.

Dia menjelaskan untuk PDP pada Jumat ada 95 orang yang masih menjalani perawatan. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 2.969 jiwa. (fnr/wis)