OBITUARI

Arminsyah, Setia di Kejaksaan Hingga Akhir Hayat

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 04/04/2020 19:36 WIB
Wakil Jaksa Agung Arminsyah meninggal dalam kecelakaan lalu linta di Tol Jagorawi KM 13 pada Sabtu (4/4). Wakil Jaksa Agung Arminsyah meninggal dalam kecelakaan lalu linta di Tol Jagorawi KM 13 pada Sabtu (4/4). (Kejaksaan Agung via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Jaksa Agung Arminsyah meninggal dunia pada Sabtu (4/4) pukul 14.24 WIB. Ia berpulang usai insiden kecelakaan lalu lintas di Tol Jagorawi KM 13.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, semasa hidup, Arminsyah dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Jaksa Agung sejak 15 November 2017. Posisi itu ditempatinya dari sebelum Kejaksaan Agung dipimpin oleh ST Burhanuddin.

Sebelum menduduki kursi orang nomor dua di Kejaksaan Agung, Arminsyah merupakan seorang pejabat karier. Pria kelahiran Padang, 3 Mei 1960 itu memulai karir sebagai Direktur Penyelidikan pada Bagian Tindak Pidana Khusus pada 19 Februari 2009.


Setelah itu, ia mendapat promosi ke jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung pada 6 Oktober 2010. Kemudian, ia menduduki kursi Inspektur Pengawasan pada JamwasKhusus mulai 8 Agustus 2011.

Lalu, berpindah ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur sebagai Kepala pada 31 Agustus 2012. Selanjutnya, ia mengisi posisi Jaksa Agung Muda Intelijen sejak 5 Juni 2014 dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus mulai 30 Oktober 2015.

Terakhir, ia menjadi Wakil Jaksa Agung dan akan memasuki masa pensiun dalam sebulan ke depan. Hal ini bertepatan dengan memasuki usia ke 60 tahun.

Sebelum dinyatakan meninggal, Arminsyah dikabarkan baru saja merayakan hari ulang tahun pernikahan dengan istrinya, Wilza Yulita. Ia memiliki tiga orang anak dari pernikahannya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus menjelaskan kecelakaan yang menimpa Arminsyah terjadi karena mobil yang dikemudikannya menabrak pembatas jalan. Mobil diduga sempat menggunakan lajur empat ketika menyusuri tol dari arah selatan menuju Jaya.

Usai menabrak pembatas jalan, mobil langsung terbakar. Tak lama berselang, Kepolisian mengevakuasi penumpang dari mobil.

"Jumlah korban dua orang. Satu pengemudi meninggal di TKP dibawa ke RS Kramat Jati, satu penumpang dilarikan ke RS Bina Husada," ujar
Yusri.

(uli/stu)