DPRD DKI Gelar Pemilihan Wagub Secara Tatap Muka Hari Ini

CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 09:07 WIB
DPRD DKI Jakarta tetap menggelar pemilihan wakil gubernur Jakarta hari ini meski di tengah tanggap darurat penanganan virus corona. DPRD DKI Jakarta akan melakukan pemilihan wakil gubernur sisa masa jabatan 2017-2022. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- DPRD DKI Jakarta dijadwalkan menggelar pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI sisa masa jabatan 2017-2022 di tengah darurat penanganan pandemi virus corona (Covid-19) hari ini, Senin (6/4). Pemilihan pengganti Sandiaga Uno itu akan dilakukan secara tertutup.

"Ini kami tertutup steril, ya nanti hasil taping-nya (rekaman) semua di-post di kanal DPRD kami sebar ke jurnalis," kata Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah saat dihubungi
Farazandi mengatakan pihaknya juga membatasi tamu yang menghadiri paripurna. Menurut Farazandi, pihaknya juga menerapkan physical distancing di dalam ruang paripurna saat proses pemilihan.

"Pokoknya yang kami sedang siapkan ini teknisnya minimal 54 di dalam kita social distancing, meja-meja steril enggak ada yang lain, hanya paling pak gubernur, cawagub dan pimpinan dewan," ujarnya.


Sementara Anggota Panitia Pemilihan Wagub DKI Andyka mengaku sedang mengusahakan layar bagi jurnalis yang akan dipasang di Balai Kota. Namun ia tidak menjelaskan mengenai siaran langsung yang disediakan untuk publik.

"Kita sedang berupaya menyiapkan screen untuk live streaming di press room Balai Kota. Jadi Insyaallah ada live streaming di press room balai kota, dan hanya di press room saja dengan tetap menjaga social dan physical distancing," kata Andyka.
Andyka memastikan pihaknya melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 dalam pemilihan ini. Menurutnya, para anggota dewan yang hadir akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal gun.

"Sudah ada kami siapkan ruang transit khusus bagi anggota dewan yang mungkin jika suhu tubuhnya di atas rata-rata. Kemudian para ajudan dan sopir untuk langsung membawa mobil ke luar kawasan DPRD DKI," ujarnya.

Rencananya, pemilihan wagub DKI bakal dimulai pukul 10.00 WIB. Agendanya antara lain penandatanganan pakta integritas, pemilihan pengisian jabatan lowong wagub DKI sisa masa jabatan 2017-2022, dan penetapan calon wakil gubernur terpilih.

Terdapat dua calon wagub yang sudah disepakati oleh Gerindra dan PKS. Mereka ialah Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra. Keduanya pun sudah memaparkan visi dan misi di depan para anggota DPRD DKI.
Pemilihan wagub DKI sudah beberapa kali ditunda. Terakhir, sedianya pemilihan dilaksanakan pada 23 Maret lalu. Namun karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua pihak melakukan social distancing sampai 5 April, pemilihan ditunda.

Anies kembali memperpanjang waktu social distancing hingga pada 19 April mendatang. Meskipun demikian, DPRD DKI tetap akan melaksanakan pemilihan wagub hari ini.
[Gambas:Video CNN]
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane meminta Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sujana bersikap tegas dengan meminta DPRD dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatalkan pemilihan wagub.

Neta menyebut pembatalan mesti dilakukan atas dasar Maklumat Kapolri dan imbauan Presiden Joko Widodo agar masyarakat tak melakukan aktivitas dan tetap berdiam di rumah selama masa tanggap wabah virus corona. (ctr/fra)