Sejumlah Jalanan Jakarta Masih Ramai Pengendara

CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 14:40 WIB
Imbauan Pemprov DKI soal pembatasan aktivitas sosial tidak lantas membuat jalanan Jakarta sepenuhnya lengang. Di beberapa titik arus lalu lintas ramai lancar. Suasana jalanan di Panglima Polim, Jakarta Selatan, Senin (6/4). (CNNIndonesia/Muhammad Ikhsan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah ruas jalanan di Jakarta masih dipadati lalu lalang kendaraan, Senin (6/4). Imbauan Pemprov DKI agar perkantoran menerapkan kerja dari rumah atau work from home (WFH) tidak lantas membuat jalanan Jakarta menjadi sepenuhnya lengang dari kendaraan.

Imbauan WFH diberlakukan untuk kantor swasta dan pemerintahan di Jakarta sejak Senin (16/3) untuk meminimalisasi penyebaran wabah virus corona. WFH diharapkan bisa membuat kantor-kantor dan jalanan di Jakarta lengang tanpa pengemudi.

Namun berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, aktivitas lalu lalang kendaraan masih ramai salah satunya di perempatan rambu lalu lintas Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Kondisi lalu lintas pada Senin (6/4) siang pukul 12.30 WIB relatif ramai saat pemberlakuan WFH. CNNIndonesia.com mendapati lokasi itu diramaikan pengendara mobil dan motor yang menuju ke Blok M Plaza dan Radio Dalam dari arah Jalan Fatmawati.

Toko-toko di sekitar rambu lalu lintas tersebut juga masih membuka menanti konsumen yang datang siang ini.


Pedagang minuman dan rokok yang menjajaki barang dagangannya mengaku tidak membatasi aktivitasnya di lokasi tersebut.

"Saya masih jualan minuman dan rokok sampai sekarang. Malam tutup. Kalau tidak jualan, mau dapat uang dari mana," ujar Toni, pedagang di Panglima Polim ditemui CNNIndonesia.com.




Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo sementara itu menyatakan tak ada kepadatan arus lalu lintas di wilayahnya pada hari ini.

Ia menyebut dari hasil pantauan di lapangan, lalu lintas terpantau ramai lancar, bahkan cenderung sepi.

"Hasil laporan dari unit-unit, (situasi lalin) lancar cenderung menyepi, (kepadatan di traffic light) tidak ada," tutur Sri.

Kepadatan lalu lintas juga terpantau di jalan Jatiwaringin Bekasi hingga Kalimalang saat pemberlakukan WFH. Pantauan CNNIndonesia.com, situasi lalu lintas cenderung padat meski tidak macet.

Sementara itu, dilihat dari akun twitter @TMCPoldaMetro, lalu lintas di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat juga terpantau ramai lancar.

"11.05 situasi arus lalin di Jl Kramat Raya ( Senen ) Jakpus terpantau ramai lancar," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.


(dis/gil)

[Gambas:Video CNN]