DPRD DKI Kirim Surat ke Presiden soal Pelantikan Riza Patria

CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 13:52 WIB
Panitia Pemilihan Wagub DPRD DKI Jakarta mengirim surat ke Presiden melalui Kemendagri soal pelantikan Wagub terpilih Ahmad Riza Patria. Wagub DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Jokowi. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho).
Jakarta, CNN Indonesia -- DPRD DKI Jakarta melalui Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur DKI Jakarta berkirim surat ke Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait Ahmad Riza Patria sebagai Wagub DKI terpilih hari ini, Selasa (7/4).

Ketua Panlih Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah tak menjelaskan lebih lanjut terkait detail isi surat tersebut. Ia hanya menyatakan Panlih akan bekerja cepat agar Wagub DKI terpilih bisa segera dilantik.

"Kami agendakan per hari ini dikirim," kata kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/4).


Sementara itu, Kemendagri mengaku belum ada surat dari DPRD DKI soal Wagub DKI terpilih. Menurutnya kalaupun ada surat dari daerah terkait pelantikan, maka akan diteruskan langsung ke Istana.


"Belum (ada surat). Kalau ada suratnya pasti sudah langsung diproses ke Istana. Kita hanya melanjutkan, memeriksa berkasnya segala macam. Setelah itu langsung dilanjutkan," kata Kapuspen Kemendagri Bahtiar saat dihubungi.

Bahtiar menjelaskan, biasanya pelantikan kepala daerah oleh Presiden hanya untuk gubernur dan wakil gubernur.

"Gubernur dan wagub oleh presiden. Kalau wali kota ke gubernur dan tidak ke pemerintah pusat," jelas dia.

Kemendagri sendiri mengucapkan selamat kepada Riza yang terpilih sebagai Wagub mendampingi Gubernur DKI Anies Baswedan. Soal mekanisme pemilihan dan prosedurnya merupakan tanggung jawab penuh DPRD DKI, bukan Kemendagri.

"Saya kira itu kan sepanjang prosedur sudah dilakukan sudah wilayahnya DPRD. Sampai saat ini kita ucapkan selamat saja. Artinya bagus juga untuk masyarakat apalagi di situasi pandemi masalah seperti ini ada yang bantu dalam pekerjaan,' tutup dia.


Kemarin DPRD DKI Jakarta sudah melaksanakan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Hasilnya, kandidat dari Gerindra Ahmad Riza Patria menang telak dengan meraup 81 suara, sementara calon dari PKS Nurmansjah hanya mendapatkan 17 suara.

Ada 100 orang anggota DPRD DKI yang hadir dalam rapat paripurna pemilihan Wagub kemarin untuk memberikan suaranya. Dari total pemilih, ada dua kertas suara yang dianggap tidak sah.

Riza sendiri akan mendampingi Anies memimpin DKI Jakarta sampai 2022 mendatang. Ia menggantikan Sandiaga Uno yang undur diri pada 2018 silam untuk mengikuti gelaran Pilpres 2019. (ctr/osc)

[Gambas:Video CNN]