Kasus Positif Corona di Tangsel Tertinggi di Banten

CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 22:42 WIB
Kasus Positif Corona di Tangsel Tertinggi di Banten Ruang isolasi untuk pasien virus corona atau Covid-19. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Tangerang Selatan terus mengalami lonjakan kasus terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) selama kurang dari dua pekan terakhir. Kini, Tangsel merupakan wilayah dengan jumlah kasus positif tertinggi di Provinsi Banten.

Situs resmi corona Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mencatat jumlah kasus positif corona di Tangsel per Selasa (7/4) berjumlah 56 orang. Tangsel juga mencatat angka kematian tertinggi akibat virus tersebut, yakni sembilan orang.


Padahal, kurang dua pekan sebelumnya Tangsel masih berada di bawah Kabupaten Tangerang, bersamaan dengan penetapan wilayah itu sebagai transmisi lokal penyebaran Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).


Kini, dengan jumlah 56 kasus positif, Kota Tangsel berada di atas Kota Tangerang dengan 46 kasus positif dan Kabupaten Tangerang 34 kasus. Sementara itu, dibandingkan dengan keduanya, Kota Tangsel mencatatkan angka sembuh terendah di Provinsi Banten dengan dua kasus sembuh.

Jumlahnya berada di bawah Kota Tangerang dengan lima kasus sembuh dan Kabupaten dengan tiga kasus sembuh Covid-19.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany sebelumnya mengatakan masih mengkaji opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangsel.


Kasus Positif Corona di Tangsel Tertinggi di BantenInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)
Airin mengatakan pihaknya masih melakukan sejumlah kajian terkait hal itu, terutama mempertimbangkan persediaan bahan pangan selama menerapkan PSBB nantinya.

"Saat ini pemerintah kota masih dalam tahap melakukan kajian secara mendalam. Berdasarkan kajian ini kemudian akan diputuskan apakah akan mengusulkan PSBB atau tidak," kata Airin kepada CNNIndonesia.com, Jumat (3/4).

Airin menuturkan tingginya jumlah kasus positif di Tangsel karena lokasinya dekat dengan pusat episentrum penyebaran Covid-19.

Saat ini jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia per 7 April 2020 juga bertambah menjadi 2.738 orang. Dari jumlah itu, 221 orang di antaranya meninggal dunia dan 204 pasien dinyatakan sembuh.


Juru Bicara pemerintah khusus penanganan virus corona Achmad Yurianto mengumumkan ada penambahan 247 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

"Kita dapatkan penambahan kasus baru confirmed berdasarkan pemeriksaan PCR sebanyak 247 orang sehingga total kasus menjadi 2.738 orang," ujar Yuri saat konferensi pers yang disiarkan langsung dari gedung BNPB, Jakarta, Selasa (7/4). (thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]