RS Darurat Galang Masih Nihil Pasien, Logistik Tetap Dikirim

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 09:04 WIB
RS Darurat Galang Masih Nihil Pasien, Logistik Tetap Dikirim Distribusi logistik untuk RS Darurat Corona di Pulau Galang, Kepulauan Riau. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah logistik terus dikirim ke Rumah Sakit Darurat Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau yang telah beroperasi sejak Senin (6/4) kemarin. Meski demikian sampai saat ini belum ada pasien terkait virus corona (Covid-19) dirawat di RS tersebut.

Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bagian Komunikasi Publik, Kolonel Infanteri Kristomei Sianturi mengatakan pihaknya telah mengirim beberapa logistik ke Pulau Galang dengan menggunakan Hercules TNI AU A-1317 yang diterbangkan dari Halim Perdana Kusuma, Jakarta, menuju Bandara Hang Nadim Batam.

"Menggunakan pesawat Hercules ada beberapa logistik yang dibawa," kata Sianturi melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (8/4).


Berat logistik yang dikirim adalah 2.062 koli atau setara dengan 7.313 kilogram. Adapun jenis-jenis logistik ini terdiri dari air mineral, susu bubuk, imukal (makanan kaleng), hingga biskuit.

Dalam pesawat tersebut juga dikirim lima unit alat penyaring udara yang bakal digunakan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang.

"Semuanya dikirim demi mempercepat penanganan Covid-19," kata dia.

Tak hanya itu, Sianturi menjelaskan bahwa Rumah Sakit di Pulau Galang rencananya mampu menyediakan lebih dari 1.000 ruangan.

"Namun untuk perkembangan selanjutnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dalam menangani wabah ini," kata dia.

Dihubungi terpisah, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogab Wilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan di Pulau Galang saat ini telah tersedia sejumlah sarana dan prasarana pendukung.

Sarana dan prasarana yang ada antara lain ruang ICU, ruang isolasi, ruang jenazah dan lain-lain.

Bahkan di Pulau Galang telah disediakan helipad guna mempercepat penanganan pasien Covid-19.

TNI juga telah menyiagakan sejumlah alutsista seperti pesawat hingga kapal untuk membantu pendistribusian logistik dan alat kesehatan ke seluruh Indonesia guna mendukung percepatan penanggulangan Covid-19. (tst/wis)

[Gambas:Video CNN]