Khofifah Rahasiakan 9 Lokasi Pemakaman Pasien Corona di Jatim

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 09:09 WIB
Khofifah Rahasiakan 9 Lokasi Pemakaman Pasien Corona di Jatim Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merahasiakan 9 lokasi pemakaman pasien virus corona. (CNNIndonesia/Farid)
Surabaya, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Perum Perhutani telah menyiapkan sembilan lahan yang bakal digunakan sebagai pemakaman pasien virus corona (Covid-19). Namun lokasi lahan pemakaman itu dirahasiakan demi faktor keamanan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan sembilan lahan milik Perhutani yang bakal digunakan sebagai pemakaman masing-masing memiliki luas 1.000 meter persegi.
"Ada sembilan area yang disiapkan oleh Perhutani, masing-masing seluas 1.000 meter persegi. [Namun] tempat pemulasaran jenazah ini tidak bisa disampaikan ke publik," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Selasa (7/4) malam.

Meski demikian, kata Khofifah, sembilan lokasi pemakaman pasien tersebut sudah dikoordinasikan kepada jajaran TNI, Polri dan camat di wilayah tersebut.


"Sembilan [lahan] yang tahu ya danramil dan kapolsek, tentunya camat juga," ujarnya.
Menurut Khofifah, sembilan lahan tersebut tak termasuk dari lokasi pemakaman pasien Covid-19 yang tekah disiapkan oleh pemerintah daerah, seperti di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, dan Kota Probolinggo.

"Ini karena Jawa Timur luas wilayahnya, dan dari luasnya Jatim, beberapa titik tempat pemulasaraan itu harus kita siapkan," katanya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial itu mengaku juga sudah menyiapkan grup WhatsApp rumah sakit, khusus untuk keperluan pemakaman jenazah pasien virus corona. Grup itu pun langsung terintegrasi dengam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim.

"Kalau sudah tersiar di titik itu, jika tidak ada hal yang tak diinginkan itu tidak ingin terjadi," ujarnya.
Sampai saat ini total pasien positif virus coron di Jawa Timur secara kumulatif sebanyak 194 orang. Dari jumlah itu, 16 orang meninggal dunia, 42 sembuh, dan 136 masih dalam perawatan. (frd/fra)

[Gambas:Video CNN]