Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Kota Palu

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 12:16 WIB
Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Kota Palu Ilustrasi (Istockphoto/ Morrison1977)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), sekitar pukul 10.30 WIB, Rabu (8/4). Guncangan gempa membuat sejumlah warga panik dan berhamburan ke luar rumah.

Gempa bumi terjadi saat warga sedang beraktivitas. Karyawan dan wartawan ANTARA Biro Sulteng pun langsung keluar kantor untuk mencari tempat yang lebih aman.

Masyarakat yang berada di beberapa kantor yang berdekatan dengan Kantor Biro ANTARA Sulteng juga berhamburan keluar.


"Meski tidak keras, tetapi guncangan gempa cukup menakutkan bagi kami," kata Johana, dikutip dari Antara.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berkekuatan 5,1 magnitudo yang mengguncang Kota Palu itu terletak pada 1.40 lintang selatan (LS) dan 119.93 bujur timur (BT) dengan kedalaman sekitar 10 kilometer (km).

Lokasi gempa sekitar 5 km tenggara Sigi, 55 km tenggara Palu, 68 km tenggara Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dan 91 km barat daya Poso, Sulteng.

Berselang sekitar 30 menit gempa susulan kembali terjadi di koordinat yang sama namun intensitas guncangan menurun dengan kekuatan 2,6 magnitudo. Gempa tidak menimbulkan tsunami.

Gempa terbesar mengguncang tiga wilayah di Sulteng yakni Palu, Sigi dan Donggala pada 28 SWeptember 2018 lalu. Gempa tersebut menelan ribuan korban jiwa, menghancurkan infrastruktur jalan, jembatan listrik, telekomunikasi dan jaringan irigasi. (Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]