Personel Polda Sumut Meninggal, Istri Positif Corona

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 17:40 WIB
Hasil rapid test menyatakan personel Polda Sumut yang meninggal dunia itu negatif virus corona, namun terindikasi mengalami gejala Covid-19. Ilustrasi. Pemakaman jenazah terinfeksi virus corona. (BAY ISMOYO/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kompol Zulfadli, Kanit 4 Subdit 5 Ditreskrimsus Polda Sumut meninggal dunia dengan gejala demam dan batuk. Hasil rapid test menyatakan pasien negatif terjangkit virus corona (Covid-19), namun almarhum terindikasi mengalami gejala Covid-19.

"Rapid test, hasilnya negatif Covid-19. Tapi memang ada ciri-ciri gejalanya katanya, seperti demam dan batuk," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Rabu (8/4).


Karena itu, pemakaman Kompol Zulfadli tetap dilakukan sesuai dengan prosedur protokol pemakaman jenazah Covid-19. Menurut Tatan, Kompol Zulfadli tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota ataupun ke luar negeri.


"Almarhum sakit, demam tinggi dan batuk. Tanggal 6 kemarin dibawa ke rumah sakit. Besok paginya meninggal dunia. Untuk riwayat perjalanan ke luar kota tidak ada," paparnya.

Untuk mencegah penularan Covid-19, tim Dokkes Polda Sumut juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap keluarga almarhum. Hasilnya, istri almarhum positif Covid-19 sesuai rapid test.

"Untuk istri almarhum dalam pemeriksaan rapid test positif, tapi akan dilakukan lagi pemeriksaan menggunakan swab. Saat ini yang bersangkutan di isolasi di RS Marta Friska Medan untuk mendapatkan perawatan," ujarnya.

Personel Polda Sumut Meninggal, Istri Positif CoronaInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)


Sedangkan untuk anak dan keluarganya yang lain kini dilakukan isolasi secara mandiri. Penyemprotan disinfektan juga langsung dilakukan di ruang kerja almarhum dan sekitarnya sebagai langkah antisipasi mencegah virus corona.

"Untuk personel yang ada di Ditreskrimsus sudah diperintahkan untuk beraktivitas dari rumah, Physical Distancing selama 14 hari ke depan. Pak Kapolda sudah mengimbau kepada seluruh personel Polda Sumut beserta Polres jajaran agar menerapkan physical distancing," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan menyampaikan jumlah warga Sumut yang positif terjangkit virus corona (Covid-19) sudah mencapai 76 orang pada 7 April 2020. Jumlah ini meningkat dari data sebelumnya yakni 57 orang.

"Jadi saat ini ada 76 orang yang dirawat di rumah sakit, 53 orang di antaranya dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR dan 23 orang lainnya berdasarkan rapid test," kata Whiko.

(fnr/pmg)

[Gambas:Video CNN]