KSAU soal Kesederhanaan HUT ke-74 TNI AU: Rakyat Cemas Corona

ndn, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 14:34 WIB
Marsekal Yuyu Sutisna mengatakan perayaan HUT ke-74 TNI AU digelar secara sederhana karena kondisi pandemi Virus Corona. Ilustrasi TNI AU dalam penanganan Corona. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna mengatakan perayaan HUT ke-74 TNI AU digelar secara sederhana karena kondisi pandemi Virus Corona.

"Saat ini rakyat Indonesia sedang berjuang mengatasi pandemi Covid-19 yang menyebar di berbagai wilayah tanah air. Denyut nadi pembangunan seakan terhenti, rakyatpun hidup dalam cemas," ujarnya saat memberikan sambutan, Kamis (9/3)

"Karenanya upacara ulang tahun TNI AU diselenggarakan dengan cara paling sederhana," tambahnya.


Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com lewat siaran langsung di channel YouTube TNI AU, Yuyu, dengan memakai masker biru muda dan sarung tangan karet, memimpin upacara HUT TNI AU yang digelar di dalam auditorium Dewanto Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/4).

Peserta upacara hanya terdiri dari segelintir perwakilan perwira tinggi, tamtama, bintara, hingga PNS, Mereka terdiri dari tiga baris di bagian depan Yuyu, serta dua baris di sisi kanan dan kiri. Mereka berjarak sekitar 1,5 meter satu dengan yang lain. Serupa Yuyu, kesemuanya tampak memakai masker dan sarung tangan.

Dalam peringatan bertema 'Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk membangun Indonesia Maju dan TNI AU unggul' ini, tak ada atraksi manuver pesawat tempur TNI AU, atraksi prajurit, maupun defile atau parade seperti peringatan hari lahir TNI sebelumnya.

Dalam upacara HUT TNI AU yang terakhir sebelum ia pensiun itu, Yuyu menyatakan kesiapannya untuk mengerahkan semua sumber daya dalam penanganan Covid-19.

"Sayapun ingin meneguhkan, TNI Angkatan Udara akan terus berjuang di garis depan dan mendarmabaktikan seluruh sumber daya untuk membantu rakyat," tuturnya.


Tak ketinggalan, ia berharap pandemi ini segera berlalu serta berbelasungkawa atas para korban, termasuk dari kalangan TNI AU.

"Saya yakin Tuhan akan segera mengembalikan senyum dan kebahagiaan bangsa Indonesia," tandas dia.

[Gambas:Video CNN]

(arh)