KSAD Minta Anggotanya Donor Darah untuk Bantu Pasien Corona

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 15:17 WIB
KSAD Minta Anggotanya Donor Darah untuk Bantu Pasien Corona Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf TNI Angkatan Darah (KSAD) Jenderal Andhika Perkasa menginstruksikan anggotanya untuk mendonorkan darah, mengingat stok darah PMI menipis di tengah wabah virus corona (Covid-19).

"Berjuang melawan pandemi virus covid banyak cara, salah satunya mendonorkan darah untuk pasien covid," kata Andhika dalam keterangannya, Kamis (9/4).
Andhika mengatakan kegiatan donor darah telah dilakukan oleh 233 personel Puspomad (Pusat Polisi Militer Angkatan Darat) dan lima personel Pom Kostrad.

Komandan Puspomad Mayor Jenderal Rudi Yulianto mengatakan donor darah menjadi salah satu upaya dalam membantu masyarakat, kususnya pasien Covid-19 yang membutuhkan tranfusi darah.


"Saat sekarang yang kita rasakan adalah pandemi virus covid, virus ini tidak terlihat sehingga korban sudah banyak berjatuhan, salah satu upayanya adalah melaksanakan donor darah," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Personel Puspomad Letkol Cpm Bambang Budi menyebut kegiatan donor darah dilakukan untuk membantu PMI agar tetap bisa menyediakan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kami membantu PMI, di mana PMI sangat membutuhkan darah untuk membantu pasien yang sudah terkena atau terpapar virus corona," kata Bambang.

PMI Pusat telah menyiapkan skenario jemput bola memenuhi kebutuhan darah menjelang bulan puasa dan lebaran, terlebih di tengah musibah pandemi virus corona (Covid-19).
PMI memang sudah menggaet anggota TNI untuk melakukan donor. Mengigat saat ini para pekerja kantoran telah diimbau untuk bekerja dari rumah. (dis/fra)

[Gambas:Video CNN]