Warga Miskin Dapat Bantuan Tiap Pekan Semasa PSBB Jakarta

CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 00:08 WIB
Anies Baswedan menyebut sekitar 1,52 keluarga di Jakarta akan mendapatkan bantuan rutin dalam bentuk kebutuhan pokok selama PSBB berlaku. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswean mengatakan selama masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta, masyarakat miskin dan rentan miskin akan mendapatkan bantuan setiap minggu.

"Kita pemerintah baik daerah dan pusat telah mengatur bersama-sama. Inshallah bantuan segera tuntas, mulai hari ini pembagian bantuan sudah dilaksanakan, hari ini sudah 20 ribu Kepala Keluarga. Nantinya ada 1,52 juta keluarga di Jakarta akan dapat bantuan rutin setiap minggu dalam bentuk kebutuhan pokok," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/4) malam.


Status PSBB di DKI Jakarta akan berlaku mulai 10 April hingga 23 April. Anies berharap bantuan yang diberikan dapat membantu masyarakat selama masa status PSBB tersebut.


"Sehingga dapat melewati masa ini tanpa menghadapi masalah yang terlalu besar," ucap dia.

Lebih lanjut ia meminta masyarakat Jakarta mematuhi ketentuan-ketentuan yang sudah diatur selama masa PSBB demi memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

"Ini artinya bukan saja dari sisi pemerintah memenuhi kewajiban, masyarakat juga memiliki kewajiban untuk menaati," kata dia.

Jakarta merupakan provinsi dengan angka kasus positif covid-19 terbanyak di Indonesia. Dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyetujui penerapan PSBB di DKI Jakarta.

Masyarakat Miskin Dapat Bantuan Semasa PSBB Jakarta Daftar Insentif Penanganan Wabah Corona. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)


Selain Jakarta, sejumlah daerah juga telah mengajukan pemberlakuan status PSBB untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona.

Beberapa di antaranya yaitu Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Sorong, Fakfak, dan Mimika. Hanya saja, hingga saat ini persetujuan pemberlakuan PSBB tersebut baru diberikan kepada Jakarta. (yoa/fea)

[Gambas:Video CNN]