Depok Siapkan Lokasi Isolasi Mandiri ODP dan dan PDP Ringan

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 11/04/2020 12:32 WIB
Untuk mempercepat penanganan infeksi virus corona, Pemerintah Kota Depok menyiapkan Rumah Sehat Dedikasi (RSD) untuk lokasi isolasi mandiri. ilustrasi: Untuk mempercepat penanganan infeksi virus corona, Pemerintah Kota Depok menyiapkan Rumah Sehat Dedikasi (RSD) untuk lokasi isolasi mandiri. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk mempercepat penanganan infeksi virus corona, Pemerintah Kota Depok menyiapkan Rumah Sehat Dedikasi (RSD) untuk lokasi isolasi mandiri. RSD dapat menampung 50 hingga 100 orang. Lokasinya berada di salah satu SMK di Kota Depok.

"RSD diperuntukkan bagi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang membutuhkan penanganan ringan," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris di Depok, Sabtu dikutip dari Antara.

Rumah Sehat ini digunakan untuk merawat ODP dan PDP yang tak bisa mengisolasi mandiri di rumah, seperti hanya memiliki kamar satu atau ada lansia di rumahnya, maka RSD dapat dimanfaatkan untuk isolasi mandiri.


"Ini kami persiapkan guna memfasilitasi ODP dan PDP serta mempercepat penanganan COVID-19 di Kota Depok," ujarnya.

Data COVID-19 Kota Depok per Jumat 10 April 2020, pasien positif Corona ada 83 orang. Sebanyak 11 orang dinyatakan sembuh, dan 10 orang meninggal dunia.

Hingga kini, Pemerintah Kota  Depok terus memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Terutama melayani pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), serta orang tanpa gejala (OTG).

Meski demikian, Wali Kota berpesan kepada masyarakat, untuk terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Menurutnya, warga harus sering melakukan cuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer.

"Selain itu, masyarakat diimbau untuk di rumah saja. Jika terpaksa harus ke luar rumah karena keperluan mendesak, maka harus menggunakan masker dan selalu jaga jarak fisik," ujarnya. (chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK