Darurat Corona, Menag Tunda Gelaran MTQ Hingga November

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/04/2020 13:02 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi saat memberikan keterangan pada wartawan terkait kinerja Kementerian Agama. Jakarta, 18 Februari 2020. Menag Fachrul Razi menyatakan MTQ Nasional akan diundur hingga November 2020. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama Fachrul Razi secara resmi memutuskan untuk menunda gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tahun 2020 yang digelar di Sumatera Barat. Penundaan ini imbas dari mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Gelaran MTQ itu semula sudah dijadwalkan akan digelar pada 22-29 Agustus 2020 mendatang. Namun, Fachrul menyatakan gelaran itu akan diundur hingga November 2020.


"Sudah saya jawab, ok [untuk ditunda]. Mundur menjadi November 2020," kata Fachrul kepada CNNIndonesia.com, Selasa (14/4).


Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sudah mengusulkan kepada Menteri Agama agar pelaksanaan MTQ Nasional tahun ini ditunda. Usulan itu dilakukan mengingat wabah corona kemungkinan belum berakhir pada bulan tersebut.

Irwan sendiri mengusulkan perhelatan itu bisa diundur hingga tiga bulan. Ia juga memastikan pelaksanaan MTQ akan dibuat lebih sederhana.

"Dana yang sudah dianggarkan untuk penanganan Covid-19 diupayakan tidak diambil dari anggaran MTQ, jika harus dipotong tetap disisakan. Jika pelaksanaan disetujui Menag pada November bisa ditambah dari anggaran perubahan," ujar Irwan dalam keterangan resminya di situs resmi Kemenag, Selasa (14/4).

Darurat Corona, Menag Tunda Gelaran MTQ Hingga NovemberInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)


Diketahui, MTQ sendiri merupakan acara sebuah festival pemuliaan kitab suci umat Islam Alquran yang rutin digelar tiap tahunnya. Sumatera Barat sendiri sudah ditetapkan sebagai tuan rumah MTQ tahun 2020.

Keputusan itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama No 596 tahun 2018 tentang Penetapan Provinsi Sumatera Barat sebagai Tempat Penyelenggaraan MTQ Tingkat Nasional XXVIII tahun 2020. (rzr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK