Corona, Komnas HAM Minta Perusahaan Peduli Keselamatan Buruh

CNN Indonesia | Rabu, 15/04/2020 16:47 WIB
Massa buruh perempuan berunjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu, 10 November 2014. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono. Ilustrasi buruh berangkat kerja (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Choirul Anam meminta pemerintah memfasilitasi transportasi para buruh yang masih bekerja di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Menurutnya, keselamatan buruh juga harus diperhatikan oleh pemerintah.

"Semua orang berhak menikmati kesehatannya, termasuk juga buruh harus disediakan moda transportasi sampe rumah," ujarnya dalam konferensi pers online, Selasa (14/4).

Kemudian Anam juga meminta pemerintah untuk memberikan insentif bagi perusahaan dan pekerja yang masih bekerja di tengah pandemi virus corona.


"Ada insentif untuk perusahaan, ada insentif untuk buruh," ujarnya.

Menurut pantauannya, insentif itu menjadi penting karena ada beberapa perusahaan yang dikabarkan bangkrut di tengah pandemi corona. Hal itu bisa berimplikasi pada pemecatan karyawan dalam jumlah besar.

"Jadi kalau perusahaannya jalan, buruhnya tetap bisa bekerja. Formulasi itu menurut kami yang penting segera dirumuskan," kata dia.

Sebagai informasi, dalam Peraturan Menteri Kesehatan nomor 9 tahun 2020 tentang pedoman PSBB dijelaskan setidaknya ada 8 sektor strategis masih yang boleh beroperasi selama PSBB.

Di antaranya pelayanan pertahanan dan keamanan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi logistik, dan kebutuhan dasar lainnya.

Selain sektor-sektor tersebut, perusahaan harus menghentikan operasional di tempat kerja atau kantor. Aktivitas bekerja dilakukan di rumah selama pembatasan sosial berskala besar berlaku di suatu wilayah.

Sejauh ini, ada 10 daerah yang telah dan akan memberlakukan PSBB yaitu DKI Jakarta, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota Pekanbaru, Riau.

Virus corona sendiri sejauh ini telah menginfeksi 4.839 orang di Indonesia hingga Selasa (14/4). Dari jumlah itu, 459 di antaranya meninggal dunia dan 426 dinyatakan sembuh dari Covid-19. (ndn/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK