Eijkman soal Kenaikan Kasus Sembuh: Warga Makin Paham Corona

CNN Indonesia | Senin, 20/04/2020 15:09 WIB
thumbnail video pasien corona Foto: AFPTV
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Lembaga Biomolekuler Eijkman, Amin Soebandrio, menyebut peningkatan kasus pasien sembuh dari Virus Corona (Covid-19) terkait kesiapan tenaga medis dan masyarakat yang lebih baik.

"Pertama ada kesiapan dari rumah sakit, dokter dan para tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19, kemudian masyarakat sudah lebih paham gejala Covid-19 sehingga mempercepat penanganan," kata dia, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (20/4).

Amin mengatakan kepedulian masyarakat terhadap Covid-19 membantu penemuan kasus (case finding) lebih cepat.


"Pasien dengan gejala ringan bisa diketahui lebih cepat, penanganan medis siap, kasus sembuh juga bertambah," ujarnya.

Namun demikian Amin mengimbau agar masyarakat yang telah sembuh tetap menerapkan pola hidup sehat agar dan menjaga jarak untuk menekan angka kasus Covid-19.

Menurut Amin, tidak ada jaminan pasien yang sembuh akan kebal Covid-19. Oleh sebab itu, prosedur jaga jarak tetap perlu dilakukan.

"Sebetulnya setelah terkena infeksi virus maka akan terbentuk kekebalan tergantung pada imunitas dan genetis, namun untuk virus Covid-19 belum ada jaminan," katanya.

Sementara itu berdasarkan data nasional, angka kasus Covid-19 per 19 April 2020 mencapai 6.575 kasus, 582 diantaranya dinyatakan meninggal dunia dan 686 dinyatakan sembuh.

(mel/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK