Daftar Kantor yang Diizinkan Buka di PSBB Bandung

CNN Indonesia | Senin, 20/04/2020 15:14 WIB
Beberapa ruas jalan utama kota Bandung sepi akibat imbauan Stay at Home demi menekan penularan angka virus corona di Jawa Barat. Bandung akan menerapkan PSBB untuk mencegah penyebaran virus corona. (CNNIndonesia/ Melani Putri)
Bandung, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota Bandung akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Rabu (22/4) pukul 00.00 WIB. Seluruh aktivitas kantor wajib berhenti diganti dengan aktivitas bekerja di rumah, kecuali di beberapa sektor.

Aturan dan pedoman PSBB di Kota Bandung telah tertuang dalam Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 14 tahun 2020. Di Pasal 11 terdapat pengecualian dari penghentian aktivitas bekerja di kantor.
Kategori pertama yaitu perangkat daerah yang menyelenggarakan fungsi pelayanan langsung kepada masyarakat. Di antaranya, pelayanan pemadaman kebakaran dan penanggulangan kebencanaan, pelayanan kesehatan, pelayanan perhubungan, pelayanan persampahan, pelayanan ketentraman dan ketertiban, pelayanan ketenagakerjaan, pelayanan ketahanan pangan, pelayanan sosial, pelayanan pemakaman, pelayanan penerimaan keuangan daerah, dan pelayanan pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu, seluruh kantor atau instansi pemerintahan berdasarkan pengaturan dari kementerian terkait juga tetap diizinkan beroperasi.
Daftar Kantor yang Diizinkan Buka di PSBB Bandung

Kemudian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang turut serta dalam penanganan Covid- 19 dan atau dalam pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat tetap beroperasi mengikuti pengaturan dari kementerian terkait.


Dari sisi sektor pelaku usaha ada beberapa yang diperkenankan beroperasi selama PSBB. Sektor tersebut antara lain kesehatan, bahan pangan/makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi termasuk media, jurnalis, dan pers, keuangan, logistik, perhotelan, dan konstruksi.

Dalam Perwal 14/2020 ini juga menyebutkan sejumlah industri di beberapa bidang masih beroperasi selama PSBB. Antara lain, unit produksi komoditas esensial seperti obat-obatan, farmasi, perangkat medis atau alat kesehatan, perbekalan kesehatan rumah tangga, bahan baku dan zat.

Kemudian, unit produksi yang membutuhkan proses berkelanjutan, unit manufaktur bahan kemasan untuk makanan, obat-obatan, farmasi dan alat kesehatan, kegiatan pertanian bahan pokok dan holtikultura, unit produksi barang ekspor, dan unit produksi barang pertanian serta produksi usaha mikro kecil menengah, pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu dan atau kebutuhan sehari-hari.

Berikutnya, organisasi kemasyarakatan lokal dan internasional yang bergerak pada sektor kebencanaan dan sosial. Serta lahan pertanian tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perikanan.

Terkait pengecualian terhadap penghentian sementara aktivitas bekerja di tempat kerja, pemimpin tempat kerja wajib melakukan beberapa penyesuaian.
Daftar Kantor yang Diizinkan Buka di PSBB Bandung

Antara lain pembatasan interaksi dalam aktivitas kerja, pembatasan setiap orang yang mempunyai penyakit penyerta dan atau kondisi yang dapat berakibat fatal apabila terpapar Covid-19 untuk melakukan kegiatan di tempat kerja. Beberapa penyakit itu adalah, tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, paru-paru, kanker, ibu hamil, imunitas rendah, dan usia lebih dari 60 tahun.

Sementara itu, penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid- 19 di tempat kerja, dalam Perwal tersebut meliputi beberapa hal.

Salah satunya memastikan tempat kerja selalu dalam keadaan bersih dan higienis. Kemudian seluruh karyawan di area perkantoran wajib menggunakan masker dan mengharuskan cuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan (hand sanitizer) termasuk menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan mudah diakses pada tempat kerja.

Tempat kerja juga wajib melakukan kerja sama operasional perlindungan kesehatan dan pencegahan Covid-19 dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk tindakan darurat. Perusahaan juga diinstruksikan turut menyediakan vitamin dan nutrisi tambahan guna meningkatkan imunitas pekerja.
Selanjutnya, melakukan disinfeksi secara berkala pada lantai, dinding dan perangkat bangunan tempat kerja serta melakukan deteksi dan pemantauan suhu tubuh pegawai yang memasuki tempat kerja serta memastikan pegawai yang bekerja di tempat kerja tidak sakit.

Perusahaan juga diminta untuk menjaga jarak antar sesama pegawai paling sedikit dalam rentang dua meter. (ptr/ptr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK