Baca Draf Pergub, Risma Manut Khofifah soal PSBB di Surabaya

CNN Indonesia
Selasa, 21 Apr 2020 00:43 WIB
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di arena Rakernas PDIP, Jakarta, Sabtu (11/1) Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memastikan siap mengikuti seluruh peraturan dan prosedur penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah dibuat oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui peraturan gubernur (Pergub).

Risma pun menyebut pergub yang mengatur PSBB itu telah dibahas bersama saat rapat koordinasi Minggu (19/4) malam.

"Ya nanti kita ikutin pergubnya, [rapat koordinasi] semalam katanya draf [Pergub] sudah detail, jadi kita ikuti pergubnya," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Senin (20/4).

Sementara itu, Koordinator Protokol Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser mengatakan pihaknya telah menerima draf pergub, terkait PSBB.

"Jadi semalam itu sudah dibaca, terkait dengan peraturan gubernur, terhadap PSBB yang akan dilaksanakan tersebut," kata Fikser di Balai Kota Surabaya.

Dalam draf tersebut diatur pula berbagai macam sektor seperti pendidikan dan perhubungan. Usai menerima itu Pemkot Surabaya kata Fikser pun akan menggelar rapat pembahasan internal di tingkat kota.

Usai melakukan rapat pembahasan di tingkat kota, kata dia, akan disampaikan kembali ke tingkat provinsi. Hal itu nantinya juga akan dituangkan dalam pergub final.

"Setelah dibahas internal di [pemerintah] kota nanti disampaikan kepada provinsi, untuk dituangkan dalam peraturan gubernur, jadi kita tidak bisa menjalankan sendiri," katanya.

Nantinya, jika pergub tentang PSBB sudah resmi diteken oleh Gubernur Jatim, Wali Kota Risma akan menerbitkan peraturan wali kota (Perwali) yang akan menjelaskan secara rinci penerapan PSBB di Surabaya.

"Pemkot belum bisa menyampaikan secara keseluruhan proses apa saja yang akan dilaksanakan, tapi prinsipnya pemkot mengikuti proses yang saat ini sedang berjalan di pemprov untuk pembahasan PSBB. Supaya PSBB ini betul-betul efektif bila nantinya PSBB itu sudah pasti dilaksanakan di Surabaya," ujarnya.

Saat ini, kata Fikser, Risma tengah fokus melakukan sejumlah langkah penanggulangan dampak Covid-19, pada sektor ekonomi, sosial dan kesehatan.

Dalam sektor sosial ekonomi, Pemkot Surabaya saat ini tengah menghimpun data masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang akan mendapatkan bantuan, jika PSBB resmi diterapkan di Kota Pahlawan.

"Ekonomi ini yang menjadi konsentrasi beliau. Dan kita lihat kita sudah punya data tentang masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dengan data tersebut pemkot akan memberikan intervensi apa kepada warganya," ujarnya. (frd/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER