FOTO: Evakuasi Tunawisma Demam di Pasar Baru

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2020 08:37 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ambulans Gawat Darurat Dinkes DKI Jakarta mengevakuasi tunawisma yang menderita sesak napas dan demam di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Petugas medis dari Ambulans Gawat Darurat Dinkes DKI Jakarta mengevakuasi seorang tunawisma di kawasan Pasar Baru. Jakarta, Selasa, 21 April 2020. Pada 2019 lalu, Kemensos memperkirakan ada 77.500 tunawisma di kota-kota besar Indonesia, termasuk DKI Jakarta. (CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)
Petugas medis melakukan evakuasi itu setelah mendapatkan laporan dari warga ada tunawisma yang terlihat sesak napas dan demam di kawasan Pasar Baru. Jakarta Pusat. (CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)
Berdasarkan keterangan warga sekitar Pasar Baru, sudah sepekan tuna wisma itu terlihat sakit. Kemudian salah satu warga berinisiatif menelepon Dinkes DKI karena tunawisma itu terlihat hanya tidur-tidur saja menahan rasa sakitnya. (CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, setidaknya empat petugas termasuk paramedis dan supir ambulans yang mengevakuasi tunawisma tersebut. (CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)
Saat petugas medis melakukan deteksi kesehatan dini sebelum mengevakuasi tunawisma, terlihat warga--setidaknya 10 orang--yang ikut memantau dari jarak sekitar 5-6 meter. Adapula yang mengabadikan peristiwa itu menggunakan kamera ponsel. (CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)
Deteksi kesehatan dini yang dilakukan petugas antara lain mengecek suhu badan, serta menanyakan kondisi yang tengah dirasakan tunawisma tersebut pada tubuhnya. (CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)
Evakuasi ini merupakan salah satu protokol kesehatan di tengah wabah corona. DKI Jakarta merupakan episentrum penyebaran covid-19.(CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)
Berdasarkan keterangan petugas, tunawisma itu dibawa ke puskesmas terdekat untuk pemeriksan kesehatan lanjutan. Pandemi virus corona telah membuat warga dan petugas menerapkan protokol kesehatan tinggi saat berada di luar rumah, dan menangani orang sakit. (CNNIndonesia.com/Adhi Wicaksono)