Chairul Tanjung Beri Bantuan Alkes untuk Corona ke RSCM

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 30/04/2020 12:52 WIB
Founder dan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, saat menghadiri CNBC Awards 2019 di Hotel Westin, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Chairman CT Corp Chairul Tanjung berharap bantuan yang disalurkan ke wilayah episentrum corona ini dapat membantu RSCM menangani pasien Covid-19. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- CT Corp bersama Bank Mega memberikan bantuan berupa alat medis ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Bantuan tersebut bertujuan untuk menambah kemampuan rumah sakit pemerintah dalam merawat pasien yang terjangkit Covid-19.

Selain ke RSCM, CT Corp juga memberikan bantuan serupa kepada Rumah Sakit Khusus Infeksi Universitas Airlangga (Unair), Surabaya.


Chairman CT Corp Chairul Tanjung berharap bantuan yang disalurkan ke wilayah episentrum penyakit corona ini dapat meningkatkan pelayanan RSCM dalam menangani pasien Covid-19.


"Kami semua merasa prihatin terhadap apa yang menimpa negeri, kita berharap badai cepat berlalu. Kami ingin berkontribusi untuk menangani pusat pandemi, yaitu di Jakarta melalui RSCM dan di Surabaya melalui RS Unair," ujar Chairul Tanjung, melalui teleconference, Kamis (30/4).

Penyerahan fasilitas baru terdiri atas 20 bed ICU dan 75 bed HCU. Kemudian MSCT scan 128 sclices, 1 digital mobile X-ray, 20 ventilator, 95 monitor bed, 105 infusion dan syringe pump, EKG dan defibrillator, central monitor, oxygen mobile, dan berbagai perlengkapan pendukung medis.

Chairul Tanjung melanjutkan seluruh donasi fasilitas alat medis yang diinisiasi CT Corp ini diharapkan dapat mengurangi angka kematian akibat Covid-19.

"Peralatan yang kami sumbangkan ini adalah peralatan-peralatan yang relatif canggih dan sangat modern dan bisa digunakan untuk 10-15 tahun yang akan datang. Kami berharap peralatan medis ini juga dapat efektif digunakan tindak hanya di masa Covid ini tapi juga dapat digunakan setelah masa ini selesai," ujarnya.

Diapresiasi Pemerintah

Di sisi lain, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berterima kasih atas bantuan dari CT Corp dan Bank Mega. Harapannya, bantuan ini dapat memberikan semangat bagi para tenaga medis untuk memberikan pelayanan optimal kepada pasien Covid-19.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dari bapak Chairul Tanjung melalui CT Corp dengan hibah paket alat kesehatan untuk ruang ICU COVID-19 di Gedung Kiara ini. Dengan bantuan ini dapat mendukung dan mengoptimalkan pelayanan intensif bagi pasien COVID-19 di RSCM," ujar Terawan.

Selain alat kesehatan, CT Corp bersama Indofood dan Astra juga membangun 95 bangsal khusus untuk pasien corona di Gedung Kiara RSCM. (fef/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK