13 Tenaga Medis RSUD Padang Panjang Tertular dari Pasien

CNN Indonesia | Jumat, 01/05/2020 22:55 WIB
Tiga petugas medis mengenakan alat pelindung diri lengkap di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Berdasarkan data pemerintah, jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia per Kamis (30/4) secara kumulatif mencapai 10.118 orang atau bertambah sebanyak 347 kasus dari hari sebelumnya, sementara jumlah pasien sembuh mencapai 1.522 orang dan jumlah pasien meninggal sebanyak 792 orang. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww. Tenaga medis di Padang tertular Covid-19 dari pasien. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Padang, CNN Indonesia -- Sebanyak 13 tenaga medis RSUD Padang Panjang, Sumatera Barat, positif Covid-19 karena tertular dari pasien.

Para tenaga medis tersebut tertular dari pasien berinisial NS (29), asal Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, ketika dirawat di RSUD Padang Panjang. Kini NS dirawat di RSUP M Djamil, Padang, bersama suaminya yang juga positif Covid-19.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Nuryanuwar, Jumat (1/5). Saat ini para tenaga kesehatan itu dikarantina di RSUD setempat atas permintaan mereka.


"Ada 70 tenaga kesehatan yang sampel swabnya diperiksa laboratorium Universitas Andalas. Semuanya punya riwayat melakukan kontak dalam jarak kurang dari satu meter dengan NS yang masuk IGD RSUD Padang Panjang pada Jumat (24/4). Sebelumnya, NS melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Kebun Sikolos, Padang Panjang," ujarnya.

Nuryanuwar mengatakan bahwa meski positif Covid-19, 13 petugas medis itu tidak mengalami gejala klinis.

Direktur RSUD Padang Panjang, dr Ardoni, mengatakan bahwa sejak NS dinyatakan positif, tenaga kesehatan dan petugas rumah sakit yang berkontak dengan NS dan keluarga NS sudah karantina di lokasi yang disiapkan pemerintah daerah.

Selain mengarantina 13 petugas kesehatan, pihaknya juga akan menelusuri orang-orang yang melakukan kontak fisik dengan 13 orang tersebut. RSUD Padang Panjang akan mensterilkan semua ruangan yang pernah dilalui 13 tenaga medis tersebut.

"Kami juga akan mengisolasi petugas yang pernah melakukan kontak fisik dengan 13 orang tenaga kesehatan itu," ucapnya. (adb/jun)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK