Pasien 75 Tahun di Banten Sembuh dari Covid-19

CNN Indonesia | Sabtu, 02/05/2020 00:15 WIB
A health worker carries blood samples during a rapid test for the new coronavirus at a hospital in Jakarta, Indonesia, Tuesday, April 28, 2020. The new coronavirus causes mild or moderate symptoms for most people, but for some, especially older adults and people with existing health problems, it can cause more severe illness or death. (AP Photo/Achmad Ibrahim) Ilustrasi. Seorang pasien Covid-19 berusia 75 tahun di Banten dinyatakan sembuh. (Foto: AP/Achmad Ibrahim)
Serang, CNN Indonesia -- Seorang pasien Covid-19 berusia 75 tahun di Banten dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSUD Banten. Pasien nomor 01 di Kabupaten Serang itu diketahui sebagai warga asal Kecamatan Kibin, Banten.

"Alhamdulillah informasi dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Serang, satu pasien pertama yang positif Covid-19 sudah sembuh. Kami ingin menyampaikan pesan semangat dan optimistis untuk terus memerangi virus corona," kata Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, dalam siaran pers resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (1/5).

Pria berinisial N itu diketahui dirawat di RSUD Banten sejak 29 Maret dan dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada 7 April usai melakukan tes PCR. Ia diduga terpapar virus corona setelah menghadiri sebuah acara keagamaan di Jakarta pada 29 Maret.


Kendati sudah dinyatakan sembuh, ia tetap harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Disamping itu, kondisi kesehatannya juga akan tetap dipantau oleh tim medis.

Infografis Kamus Istilah Penyakit terkait Virus CoronaFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
Infografis Kamus Istilah Penyakit terkait Virus Corona

"Sudah pulang ke rumahnya usai dinyatakan sembuh pada 27 April kemarin. Pasien diminta isolasi mandiri di rumahnya. Meski sudah berusia lanjut, namun dengan optimisme semua pasien bisa sembuh," ujar Ratu.

Selain N, dua pasien lain juga dinyatakan sembuh dan telah dinyatakan negatif Covid-19. Saat ini tersisa satu pasien Covid-19 di Kabupaten Serang yang masih dirawat di RSUD Banten.

Pasien nomor 01 dan 02 sudah dinyatakan sembuh dan kembali ke rumahnya dan akan melanjutkan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Iya sudah sembuh. Pasien di Kecamatan Serang dan Kecamatan Cipocok. Tinggal satu lagi pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kecamatan Taktakan, mengisolasi mandiri, homecare," kata Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Kota Serang, Hari Pamungkas, melalui pesan singkat. (ynd/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK