Tiga Santri Ponpes Temboro Asal Aceh Sembuh dari Corona

CNN Indonesia | Jumat, 08/05/2020 10:58 WIB
Petugas medis memeriksa pasien dengan SWAB Test di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (8/4/2020). Tes dengan sistem tersebut dilakukan guna mempersempit penyebaran COVID-19 di wilayah Depok dan sekitarnya. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww. Tiga santri Ponpes Al-Fatah, Temboro, Magetan asal Aceh dinyatakan sembuh dari virus corona. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Banda Aceh, CNN Indonesia -- Tiga santri Pondok Pesantren Al-Fatah, Temboro, Magetan, Jawa Timur, asal Aceh yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) dinyatakan sembuh. Ketiga santri tersebut berinisial MAH, IJ dan AJ, warga Kabupaten Aceh Tamiang.

Juru Bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan pasien terakhir yang sembuh berisnisial AJ, berdasarkan hasil uji swab dengan metode real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Balai Litbangkes RI Aceh.

"Hasil uji swab AJ dua kali terakhir, yang diperoleh kemarin dan hari ini, sudah negatif virus corona," kata Saifullah, Kamis (7/5).


Saifullah menjelaskan bahwa MAH, IJ dan AJ santri Ponpes Al-Fatah Temboro, Magetan, yang pulang kampung ke Aceh beberapa waktu lalu. Saat ini, dari tujuh santri yang positif virus corona, tiga sembuh dan empat lainnya masih dirawat.

"Alhamdulillah, sudah tiga orang santriwan penderita Covid-19 yang pulang dari klaster Temboro, sembuh di Aceh," ujar Saifullah.

Saat ini, kata Saifullah, piihaknya masih menunggu hasil swab dari masing-masing keluarga santri yang sudah diambil spesimennya.
Insert Status Pasien Risiko Virus CoronaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Insert Status Pasien Risiko Virus Corona
Jumlah kumulatif pasien positif corona di Aceh sampai kemarin, Kamis (7/5), sebanyak 17 orang. Rinciannya, 5 orang dalam perawatan di rumah sakit rujukan, 11 orang dinyatakan sembuh, dan 1 orang meninggal dunia.

Sementara 110 warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) masih dalam proses pemantauan tim gugus tugas Covid-19. Sedangkan 11 pasien dalam pengawasan (PDP) masih dirawat sampai saat ini.

"Jumlah kasus pasien meninggal dunia tidak ada penambahan, 2 kasus. Itu pun kasus Maret 2020, yakni satu positif Covid-19, dan satu lagi negatif (PDP)," kata Saifullah.

Sampai kemarin, Kamis (7/5), jumlah kasus positif virus corona di Indonesia secara kumulatif mencapai 12.776 orang. Dari jumlah itu, 2.381 orang dinyatakan sembuh dan 930 orang lainnya meninggal dunia. (dra/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK