FOTO : Klaster Pasar Jadi Momok Penyebaran Covid-19

ANTARA, CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 14:12 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Demi menjamin protokol kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19, baik rapid test maupun swab test digelar sejumlah pemda di pasar wilayah masing-masing.

Aktivitas jual beli di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti usulan tes bagi para pedagang pasar. Sebab, kata dia, Kemendag juga harus memastikan kegiatan ekonomi di sektor perdagangan tetap berjalan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan tes swab kepada pedagang di Pasar Baru Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). Tes swab terhadap 16 pegawai Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor dan pedagang Pasar Baru Bogor tersebut dilakukan untuk menelusuri kontak langsung dengan seorang pedagang yang terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19) di pasar tersebut. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Petugas medis mengambil sampel saat 'swab test' COVID-19 di Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/5/2020). Tes yang dilakukan secara acak untuk 175 pelaku usaha dan pedagang itu bertujuan untuk mendeteksi serta mencegah penyebaran COVID-19 di kawasan pasar tradisional. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.
Petugas kesehatan mengambil sampel darah seorang pedagang saat menggelar tes diagnostik cepat atau rapid test COVID-19 di Pasar Tradisional Mandalika, Bertais, Mataram, NTB, Senin (11/5/2020). Dinas Kesehatan Kota Mataram melakukan tes diagnostik cepat COVID-19 di pasar tersebut menyusul adanya salah satu pedagang yang meninggal dunia dengan status positif COVID-19 serta sebagai upaya “contact tracing” atau penelusuran kontak untuk memutus penyebaran virus Corona. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.
Petugas kesehatan mengambil sampel darah seorang pedagang saat menggelar Rapid Test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Pasar Tradisional Pa'baeng-Baeng, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/5/2020). Rapid test yang dilakukan terhadap pedagang dan pengunjung pasar tersebut sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 pada sejumlah pasar tradisional di Kota Makassar. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan cepat atau rapid test COVID-19 di Pasar Larangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (6/5/2020). Dinas Kesehatan kabupaten Sidoarjo melakukan rapid test secara acak terhadap pedagang dan pembeli terkait adanya salah satu pedagang di pasar tersebut positif terpapar virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
Petugas melakukan pemeriksaan cepat COVID-19 (Rapid Test) terhadap warga di Pasar Keputran, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020). Pemeriksaan cepat terhadap sejumlah  pedagang dan buruh di pasar induk itu guna mengetahui kondisi kesehatan mereka serta untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan cepat  atau rapid test COVID-19 di Pasar Sentra Antasari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (4/5/2020). Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melakukan rapid test secara acak terhadap juru parkir, pedagang dan orang-orang  yang berpotensi terpapar COVID-19 saat beraktivitas di ruang publik. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/pras.
Petugas kepolisian yang mengenakan kostum menyeramkan 'Celuluk' melakukan sosialisasi langkah-langkah pencegahan COVID-19 di Pasar Tradisional Sempidi, Badung, Bali, Selasa (12/5/2020). Kegiatan yang dilakukan petugas kepolisian Polres Badung di sejumlah pasar tradisional dan ruas jalan tersebut dilakukan untuk mengimbau masyarakat terus melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 seperti mengenakan masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak serta tidak melakukan perjalanan mudik. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Petugas menasihati para pedagang tentang jam malam saat penerapan hari pertama PSBB di pasar tumpah, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (11/5/2020) malam. Kegiatan patroli malam yang di laksanakan Polisi dan TNI di pasar tersebut mengimbau warga untuk mematuhi peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp.