Kemenag Gelar Doa Lintas Agama Online dan Galang Dana Corona

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/05/2020 07:35 WIB
Calon Presiden no urut 01 Joko Widodo (tengah) bersama sejumlah tokoh lintas agama berdoa untuk korban gempa dan tsunami Palu di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (30/9). Acara yang sedianya jalan sehat tersebut dibatalkan dan diganti dengan doa bersama sebagai bentuk empati dan keprihatinan atas bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc/18. Bertepatan Hari Doa Sedunia, pemerintah akan menggelar doa lintas agama sekaligus penggalangan dana corona pada pukul 09.30 WIB. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Agama bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggelar acara doa bersama lintas agama sekaligus penggalangan dana secara daring (online), Kamis (14/5) pukul 09.30 WIB. Hal ini menyikapi kondisi bangsa di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama, Nifasri mengatakan acara yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin itu akan mengambil tema "Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan". Acara ini digelar bertepatan dengan Hari Doa Sedunia yang turut jatuh pada hari ini.


"Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan Indonesia bebas dari Covid-19 sekaligus membangkitkan kepedulian dan rasa kemanusiaan bangsa dalam menghadapi pandemi global ini," ujar Nifasri dalam keterangan resminya.


Lebih lanjut, Nifasri merinci ada enam tokoh lintas agama yang akan memimpin doa dalam acara tersebut.

Mereka di antaranya mantan Menteri Agama Quraish Shihab, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) Pendeta Ronny Mandang, Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo, Dharma Adhyaksa PHDI Pusat Ida Pedanda Nabe Gede Bang Buruan Manuaba, Bhikku Sri Panyavaro Mahatera dan Ketua Umum MATAKIN, Xs. Budi S. Tanuwibowo,


Nifasri mengatakan pihaknya berharap kegiatan ini juga dapat diikuti oleh seluruh umat beragama di Indonesia. Ia mejelaskan kegiatan ini akan disiarkan secara langsung melalui TVRI, RRI, maupun kanal resmi sosial media milik Kementerian Agama.

"Kami berharap, meskipun dari rumah, seluruh umat dapat mengikuti doa bersama dengan menyaksikan siaran live ini," kata dia.

Tak hanya memanjatkan doa, acara tersebut akan dimeriahkan oleh penampilan musik dari grup band Radja di pengujung acara. Penampilan tersebut sekaligus menggalang dana kemanusiaan untuk disalurkan pada masyarakat yang terdampak virus corona.


Bukan hanya sekali ini saja pihak pemerintah RI menggelar doa bersama sebagai ikhtiar mengusir virus corona dari Indonesia. Pada Kamis (16/4) April lalu, Kemenag menggelar acara serupa yang bertajuk Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir secara daring. Saat itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut hadir memberikan tausyiah dan doa agar wabah corona cepat berlalu dari Indonesia. (rzr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK