DKI Mulai Salurkan Bansos Corona Tahap 2, Isi Paket Bertambah

CNN Indonesia | Kamis, 14/05/2020 13:45 WIB
Pekerja memindahkan paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos masing-masing sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan sebagai upaya untuk mencegah warga tidak mudik dan meningkatkan daya beli selama pandemi COVID-19 kepada warga yang membutuhkan di wilayah Jabodetabek. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. Ilustrasi bansos. Pemprov DKI mulai mendistribusikan 60 ribu paket bansos tahap dua bagi warga terdampak virus corona senilai Rp255 ribu per paket. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai menyalurkan bantuan sosial tahap dua kepada warga rentan miskin di Jakarta pada Kamis (14/5). Bansos ini disalurkan bagi warga ibu kota terdampak pandemi virus corona.

"Hari ini kami mulai mendistribusikan paket sembako di Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Pasar Rebo," kata Kepala Divisi Perkulakan Retail Distribusi PD Pasar Jaya Edison Sembiring saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (14/5).

Penyaluran sudah mulai dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB tadi. Menurut dia, penyaluran bansos kali ini sebanyak 60 ribu paket.


Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta S Andyka mengatakan bahwa bansos tahap kedua untuk warga miskin yang terdampak virus corona bernilai Rp255.000 per paket. Andyka mengetahui setelah mendengar penjelasan Dinas Sosial Jakarta dalam rapat kerja beberapa waktu lalu.


"Satu paket untuk bansos kedua ini Rp255.000," ujar Andyka.

Jumlah tersebut naik dari nilai bansos per paket tahap pertama. Pada tahap pertama, satu paket bansos yang disalurkan senilai Rp149.500 per paket.

Menurut dia, ada penambahan isi paket dalam bansos tahap dua. Adapun isi paket bansos tahap dua yakni beras 10 kilogram, sarden 4 kaleng, biskuit, kecap, serta berbagai kebutuhan pokok lain.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, sekitar 2,15 juta kepala keluarga akan menerima bansos tahap dua. Dari data tersebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak Kementerian Sosial dan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.


Pada penyaluran bansos tahap pertama DKI hanya menyalurkan kepada sekitar 1,2 juta kepala keluarga yang membutuhkan.

"Dan sekarang datanya sudah bertambah jadi 2.153.000 KK. Dari data itu kita sudah koordinasi dengan Kemensos. Kami juga sudah rapat dengan Kemensos dan Kemenko PMK," ungkapnya.

Rapat dengan Kemensos dan Kemenko PMK itu, kata dia, salah satunya menyepakati alur pembagian bansos. Berdasarkan hasil rapat, pembagian bansos yakni, sebanyak 1,3 juta warga ditanggung pemerintah pusat, dan sisanya sekitar 853 ribu warga ditanggung Pemprov DKI.

Bansos ini akan segera disalurkan. Menurut Riza, penyaluran bansos akan dimulai pada 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Kami juga sudah bagi wilayah (penyaluran bansos)," ujar Riza. (dmi/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK