Mahfud MD Sebut Negara Lain Juga Anjurkan Salat Id di Rumah

CNN Indonesia | Jumat, 22/05/2020 11:41 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD saat menyampaikan Keterangan Pers terkait Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi. Jakarta. Kamis (12/12/2019).CNN Indonesia/Andry Novelino Menko Polhukam Mahfud MD. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan anjuran untuk melakukan salat Id di rumah saat hari raya Idul Fitri tak hanya dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Bahkan kata dia, Arab Saudi, khususnya di Makkah yang menjadi kiblat umat Islam, memutuskan menutup Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk sementara demi menghindari penularan virus corona (Covid-19).


"Bukan hanya di Indonesia anjuran salat di rumah ini dilakukan, bahkan masjid suci yang ada di Makah dan Madinah yaitu Masjidil Haram dan Nabawi juga ditutup demi menyelamatkan kaum Muslimin dari penularan Covid-19," kata Mahfud melalui rekaman video yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (22/5).


Oleh karena itu, Mahfud pun kembali mengingatkan agar kegiatan salat Id dan halal bi halal yang menjadi tradisi lebaran dilakukan di rumah dengan jumlah yang terbatas.

Pemerintah, kata Mahfud menyampaikan seruan ini setelah membaca dan menerima anjuran dari berbagai lembaga keagamaan di Indonesia seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, hingga Majelis Ulama Indonesia.

"Saya mengajak kita semua mari salat Id di rumah dengan khusuk, sesudah itu juga halal bihalal tidak harus berkerumun tetapi juga bisa melalui virtual atau kalau harus terpaksa bertemu, dengan keluarga inti saja dengan membatasi waktu dan tetap jaga jarak," kata dia.


Hari raya Idul Fitri diprediksi akan jatuh pada Minggu (24/5) dan Senin (25/5) mendatang. Meski begitu pemerintah telah melarang umat islam menggelar salat Id di Masjid dan di lapangan.

Tak hanya itu, pemerintah bahkan tekah menggeser cuti lebaran bersama yang semula berlaku pada Mei ini menjadi akhir tahun nanti. Hal ini dilakukan agar tak banyak warga yang berlibur atau mudik dan menularkan wabah corona hingga ke pedesaan. (tst/ayp)

[Gambas:Video CNN]