Jelang Lebaran, Toko Busana Robinson Pasar Minggu Beroperasi

CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 16:28 WIB
Toko Pakaian Ramayana di kasasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan tetap beroperasi selama penerapan status PSBB, Sabtu (23/5. Pengunjung mengantre di kasir dengan jarak sesuai protokol pencegahan Covid-19 di sebuah toko busana Ramayana, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 23 Mei 2020. (CNNIndonesia/Michael Josua)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah toko di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang dikecualikan untuk dapat tetap beroperasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetap buka pada saat H-1 Lebaran 2020, Sabtu (23/5). Salah satunya, toko busana Ramayana yang beroperasi dengan penerapan sejumlah protokol kesehatan.

Pantauan CNNIndonesia.com, toko pakaian Pasar Robinson, Pasar Minggu itu mewajibkan pengunjung untuk melewati pengecekan suhu badan dan harus bermasker. Selain itu, antrean di kasir pun diminta untuk berjarak dan terdapat sejumlah tempat cuci tangan di beberapa titik.

Pencahayaan di toko pakaian itu sedikit remang-remang lantaran banyak lampu tidak nyala. Tidak diketahui pasti alasan pencahayaan yang redup itu. Beberapa karyawan toko enggan berkomentar mengenai hal tersebut.


Selain itu, pengunjung tidak dapat memasuki wilayah toko melalui pintu depan karena tertutup pagar. Mereka harus memasuki kawasan toko pakaian itu melalui pintu belakang atau dari tangga berjalan (escalator) yang ada di dalam kawasan Pasar Minggu.

CNNIndonesia.com telah mencoba menghubungi Sekretaris Ramayana Lestari Sentosa Setiadi Surya dan Direktur Keuangan Ramayana Suryanto namun sampai berita ini dimuat, pihak bersangkutan tak memberikan tanggapan.

Berdasarkan pantauan di kawasan tersebut bukan hanya toko busana Ramayana saja yang beroperasi hari ini. Sejumlah kios yang menjual perhiasan, perabotan rumah tangga, hingga alat elektronik terlihat tetap buka.

Salah seorang karyawan toko alat elektronik mengatakan bahwa biasanya memang terdapat petugas Satpol PP yang berpatroli di sekitar kawasan tersebut.

Hanya saja, kata dia, belum ada pemaksaan untuk menutup toko yang dilakukan petugas selama ini. Menurutnya, petugas lebih menyoroti lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjang jalan Pasar Minggu menuju Jalan Baru.

"Biasa ada patroli penertiban aja," kata karyawan yang enggan disebutkan namanya itu.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan bahwa pihaknya sudah sempat melakukan penutupan terhadap toko busana yang berada di kawasan Pasar Minggu itu pada Jumat (22/5)

Menurut dia, Ramayana Pasar Minggu yang dapat beroperasi hanya bagian pemenuhan kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako). Dia pun belum mengetahui bahwa toko busana tersebut tetap beroperasi hari ini. Arifin pun mengatakan akan mengingatkan pengelola soal aturan selama masa PSBB.

"Nanti saya ingatkan lagi (Soal temuan toko busana beroperasi," pungkas dia. (mjo/kid)

[Gambas:Video CNN]