Pimpinan DPR Tak Gelar Open House Idulfitri

CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 18:36 WIB
Pimpinan DPR Azis Syamsuddin (tengah) dan Rahmat Gobel (kiri) memimpin Rapat Paripurna masa persidangan III Tahun Sidang 2019-2020 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/4/2020). Rapat mengagendakan pembahasan tindak lanjut RUU KUHP dan RUU Permasyarakatan. ANTARA FOTO/Raqilla/pus/foc. Pimpinan DPR tak menggelar open house Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di tengah pandemi virus corona. Ilustrasi (ANTARAFOTO/RAQILLA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Indra Iskandar mengatakan jajaran pimpinan DPR tak menggelar kegiatan gelar griya (open house) di hari raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah.

"Kami sampaikan bahwa pimpinan DPR RI tidak mengadakan open house pada Hari Raya Idulfitri tahun ini," kata Indra dalam pesan singkatnya, Sabtu (23/5).

Indra mengatakan keputusan tersebut diambil untuk mematuhi kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang masih diterapkan di DKI Jakarta hingga 4 Juni 2020 mendatang.


Sebelumnya, lewat keterang pers dari Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong tradisi silaturahmi saat lebaran terus dilakukan meskipun tidak berjumpa secara tatap muka.

Silaturahmi tersebut bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi.

Jokowi dipastikan tidak akan mengadakan open house pada Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Jokowi juga meminta kepada seluruh menteri dan anggota Kabinet Indonesia Maju untuk tidak mengadakan acara gelar griya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga memutuskan tidak menggelar acara halal bi halal atau open house di Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Keputusan ini diambil karena situasi DKI Jakarta yang masih menerapkan kebijakan PSBB hingga 4 Juni 2020 mendatang.

Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah bertepatan pada hari Minggu, 24 Mei 2020, sesuai dengan hasil sidang isbat yang digelar kemarin. Masyarakat juga diimbau melaksanakan salat Id berjemaah di rumah masing-masing. (mts/fra)

[Gambas:Video CNN]