Malam Takbiran di Jakarta, Bekasi, Tangerang: Jalanan Lancar

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 20:25 WIB
Suasana lalu lintas di Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/4/2020). Memasuki hari kelima pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta lalu lintas di Ibu kota terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp. Ilustrasi lalu lintas di DKI Jakarta yang ramai lancar pada malam hari. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta dan sekitarnya terpantau ramai lancar di malam takbiran hari ini, Sabtu (23/5).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sejauh ini di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin hingga kawasan Monumen Nasional (Monas) kondisi arus lalu lintas tidak mengalami kepadatan. Begitu juga dengan arus lalu lintas di Bundaran Hotel Indonesia yang terpantau lancar.

Beberapa petugas kepolisian terlihat berjaga di sekitar Bundaran HI dan sekitar Patung Arjuna Wiwaha, Monas. Namun tidak ada pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan.


Di Jakarta Selatan: Jalan Kapten Tendean, Jalan HR Rasuna Said hingga Jalan Gatot Subroto juga terpantau lancar.

Sementara itu, situasi arus lalu lintas di Jalan Raya Hankam, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi terlihat relatif lengang sekitar pukul 18.35 WIB. Ruas jalan didominasi kendaraan roda dua dan beberapa kali kendaraan roda empat.

Di lokasi ini, tak ada aparat keamanan yang berjaga untuk mengawasi pergerakan masyarakat di tengah penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Terlihat juga beberapa kali pengendara roda dua tidak memakai masker saat melintas. Bahkan, beberapa di antara pengendara roda dua terlihat berboncengan.

Padahal dalam poin aturan PSBB Kota Bekasi dua hal tersebut dilarang untuk dilakukan. Pengendara roda dua yang melintas di Kota Bekasi boleh membawa penumpang, hanya bila dalam alamat yang sama.

Sementara itu, situasi arus lalu lintas di Kota Tangerang, Banten sendiri terpantau ramai lancar. Namun, arus lalu lintas di sejumlah titik terpantau tersendat karena banyak kendaraan yang berhenti atau parkir di pinggir jalan.

Salah satu arus lalu lintas yang tersendat terlihat di depan sebuah toko kue yang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, Ciledug.

Toko kue itu terlihat dibanjiri pengunjung hingga membuat parkir kendaraan meluap ke bahu jalan.

Arus lalu lintas dari Ciledug menuju ke arah Cipondoh juga terlihat ramai dengan pemandangan para pedagang pakaian di pinggir-pinggir jalan.

Bahkan, toko serba ada atau departement store yang berlokasi di Plaza Baru Ciledug juga terlihat buka pada malam hari ini.

Saat CNNIndonesia.com melintas sekitar pukul 19.15 WIB, terlihat pusat perbelanjaan itu ramai dikunjungi masyarakat. Aktivitas ramai di salah satu pusat perbelanjaan di Ciledug itu pun membuat parkir kendaraan roda dua meluap hingga ke pinggir jalan.

Selain itu, sekitar pukul 20.00 WIB, langit Jakarta dan sekitarnya, di beberapa titik ramai suara petasan yang meletus bersahut-sahut. Petasan--adalah salah satu 'tradisi' anak muda di Indonesia di malam menyambut hari raya.

Beberapa yang terdengar petasan bersahut-sahut di antaranya di kawasan Jagakarsa (Jakarta Selatan), Tanah Abang (Jakarta Pusat), Ciledug dan Cipondoh (Tangerang), juga Pancoran Mas (Depok).

Selain itu, dari pengeras suara sejumlah masjid yang dilewati pun terdengar suara takbir berkumandang menyambut hari raya Idul Fitri yang jatuh besok, Minggu (24/5). (kid)

[Gambas:Video CNN]