Tak Ada Takbir Keliling, Warga Padati Jalanan Banda Aceh

CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 22:42 WIB
Pengendara memadati kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (23/5). Pengendara memadati kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh pada malam takbiran (dok. CNN Indonesia/Dani Randi)
Banda Aceh, CNN Indonesia -- Sejumlah ruas jalan di Kota Banda Aceh dipadati pengendara, meski tidak ada aktivitas takbir keliling seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pantaun CNNIndonesia.com, di kawasan Simpang Lima, Jambo Tape, Simpang Surabaya, Pasar Aceh hingga jalan depan Masjid Raya Baiturrahman dipadati pengendara baik roda empat maupun roda dua.

Rata-rata pengendara ingin melihat suasana malam takbiran khususnya di depan Masjid Raya Baiturrahman, yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya peserta takbir keliling. Namun, tahun ini acara itu tidak digelar untuk menghindari penularan virus corona (Covid-19).


Begitupun di kawasan Pasar Aceh, pedagang dan pembeli membludak hingga mengakibatkan kemacetan di kawasan itu. Petugas gabungan juga berjaga di lokasi Pasar Aceh untuk menghindari adanya kerumunan.

Meski demikian, setiap masjid di Banda Aceh tetap mengumandangkan takbir dari dalam masjid tanpa adanya jamaah yang berkerumunan.

Sementara itu, Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pihaknya masih melakukan patroli di malam lebaran Idulfitri, untuk mencegah adanya konvoi pengendara dan mencegah aktivitas balap liar.

"Saya tegaskan tidak ada konvoi malam takbiran, jika ada akan kita bubarkan," kata Dicky saat dikonfirmasi, Sabtu (23/5).

Sebelumnya, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh sudah mengeluarkan tausiah, yang salah satu poinnya melarang adanya takbir keliling. Takbiran hanya diperbolehkan dari dalam masjid tanpa keliling.

Hanya saja MPU Aceh tetap mengizinkan salat idulfitri digelar dilapangan maupun di masjid. (dra/eks)

[Gambas:Video CNN]