Polisi Sebut Tak Ada Pawai Takbir Keliling Jelang Lebaran

CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 23:50 WIB
Takbiran Jakarta Pusat Situasi malam takbiran jelang Idul Fitri 1441 H terpantau sepi tanpa takbir keliling seperti tahun sebelumnya. (dok. CNNIndonesia.com/ Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengklaim tak ada masyarakat yang menggelar pawai takbir keliling di wilayah Jakarta.

"Kalau konvoi takbiran malam hari ini tidak ditemukan," kata Istiono kepada wartawan, Sabtu (23/5).

Disampaikan Istiono, Polda Metro Jaya sendiri diketahui memang telah menerjukan 600 personel untuk memantau dan mengantisipasi kegiatan takbir keliling.


Personel itu, lanjutnya, disiapkan di titik atau lokasi yang rawan terjadi kegiatan takbir keliling.

Dengan tidak ditemukan pawai takbir keliling, menurut Istiono, masyarakat telah mematuhi imbauan pemerintah untuk tak menggelar takbir keliling di malam Lebaran tahun ini.

"Saya apresiasi untuk masyarakat yang telah patuh terhadap aturan pemerintah untuk tdak melakukan takbir keliling, itu bagus sekali," ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan di sekitar kawasan Bundaran HI, Gambir, dan Menteng, lalu lintas lancar dan tidak ada kegiatan pawai takbiran yang dilakukan warga. 

Lebih lanjut, Istiono menyebut kondisi lalu lintas di wilayah Jakarta di malam hari ini juga terpantau lancar.

"Malam hari ini kita liat kondisi lalinnya semuanya landai, semuanya kondusif, landai," ucap Istiono.
Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan pihaknya menggelar operasi berskala besar guna mengantisipasi pelaksanaan takbir keliling malam Lebaran yang digelar oleh masyarakat.

"Kita akan siapkan juga untuk patroli berskala besar bersama-sama dengan TNI dan pemerintah daerah, kita lakukan, kita cek nanti apakah ada yang malam takbiran, apakah nanti ada yang salat Id," tutur Yusri kepada wartawan, Sabtu (23/5).

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah mengimbau warga untuk mengumandangkan takbir di rumah masing-masing dan tak menggelar takbir keliling.

Tak hanya itu, Anies juga mengimbau masyarakat yang merayakan Idulfitri untuk tetap menahan diri berada di rumah. (pris/eks)

[Gambas:Video CNN]