TMP Kalibata Ramai Peziarah, Makam Habibie Jadi Loka Swafoto

CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 11:33 WIB
Suasana di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan masih ramai dikunjungi peziarah di Hari Raya IdulFitri 1441 Hijriah, Minggu (24/5). Beberapa di antara peziarah menyempatkan diri untuk berswafoto di makam Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, Bacharuddin Jusuf Habibie, serta Hasri Ainun Habibie. Makam Habibie dan Ainun, serta Ani Yudhoyono jadi tempat swafoto peziarah yang tengah mengunjungi pusara terakhir kerabat atau keluarga mereka, Minggu (24/5). (CNN Indonesia/ Martahan Sohuturon).
Jakarta, CNN Indonesia -- Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata ramai dikunjungi peziarah saat perayaan Idulfitri 1441 Hijriah. Kunjungan dilakukan meskipun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan ziarah di tengah aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi virus corona.

Dari luar kawasan, mobil dan sepeda motor peziarah memadati halaman parkir TMP Kalibata. Peziarah kebanyakan datang dari wilayah Jabodetabek. Semakin siang, semakin banyak peziarah yang mampir ke pusara kerabat atau keluarga mereka.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Ahad (24/5), tampak beberapa peziarah yang menyempatkan diri untuk berswafoto di makam BJ Habibie dan Hasri Ainun, termasuk Kristiani Herrawati (Ani), mendiang istri eks Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Terlihat bunga di makam Habibie dan Ainun. Namun, bunga itu hanya kiriman kata salah satu petugas penjaga kubur di TMP Kalibata. Ia menyebut kerabat atau keluarga Habibie dan Ani belum berkunjung hingga saat ini.

Bahkan, ia mengatakan SBY terakhir kali datang berziarah sebelum ramadan. "Pak SBY belum datang. Kalau enggak salah, itu terakhir sebelum puasa kemarin. Kalau bunga itu dikirim orang," kata petugas TMP Kalibata yang menolak disebutkan namanya.

Sementara, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur, dan TPU Perwira di Bekasi Utara, sepi peziarah. Sejak pukul 07.45 WIB, hanya beberapa blok saja yang didatangi peziarah. Sementara, di blok lainnya tidak terlihat peziarah sama sekali.

Raka (29), salah satu petugas penjaga kubur, menduga sepinya kunjungan TPU Pondok Rangon saat lebaran karena pandemi virus corona. "Semenjak corona ada, memang sepi yang ziarah," jelasnya.

Pemandangan serupa tampak di TPU Perwira, Bekasi Utara. TPU ini tak seramai tahun-tahun sebelumnya. "Tahun ini mah sepi sekali semenjak corona, dari kemarin juga tidak terlalu ramai orang yang akan ziarah," ujar seorang juru makam yang enggan disebutkan namanya.

Apalagi, lokasi pemakaman TPU Perwira merupakan bagian dari zona merah penyebaran covid-19 di wilayah Bekasi. Ini juga dapat menjadi salah satu alasan sepinya pengunjung saat Lebaran.

(mts/bir)

[Gambas:Video CNN]