Lebaran, Ajang Bupati Bener Meriah Minta Maaf Akan Mundur

CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 21:02 WIB
Bupati Bener Meriah Sarkawi Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi mengumumkan rencana mundur dari jabatannya saat memberi sambutan Salat Idul FItri 1441 H, 24 Mei 2020. (dok.istimewa via detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah kegiatan ibadah berjemaah Salat Idul Fitri 1441 Hijriah, Bupati Bener Meriah, Aceh, Tgk Sarkawi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala daerah itu, Minggu (24/5).

Pengumuman itu pun dinilai mengejutkan sejumlah pihak, apalagi disampaikan pada hari raya kemenangan umat Islam setelah melewati bulan puasa Ramadan.

"Proses-proses berlanjut, administrasi ke Mendagri, Gubernur, DPR, akan kami lakukan setelah proses liburan lebaran ini selesai. Mudah-mudahan Bener Meriah ke depan selanjutnya menjadi lebih baik untuk kemaslahatan seluruh lapisan masyarakat Bener Meriah," katanya di Bener Meriah, Minggu, seperti dilansir Antara.


Pernyataan itu disampaikan Sarkawi saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan shalat Id di halaman Masjid Agung Babussalam, Simpang Tiga Redelong, Bener Meriah, Minggu pagi.

Dia menjelaskan alasannya mengundurkan diri sebagai pemimpin di daerah dataran tinggi Gayo itu karena faktor kesehatan. Dia mengaku selama ini sudah berikhtiar menjalani berbagai pengobatan, tapi tak kunjung pulih.

"Sudah berobat ke Medan (Sumatera Utara) sudah berobat ke Jakarta, sudah berobat ke Penang (Malaysia) dan terakhir ke Kuala Lumpur. Namun belum ada kesembuhan," ujar pria yang diusung Partai Golkar sebagai kepala daerah Bener Meriah.

Selanjutnya, kata Sarkawi, setelah menyatakan mundur dari jabatan Bupati Bener Meriah, dia akan kembali melanjutkan ikhtiar berobat.

"Maka bapak ibu yang berbahagia, kami merencanakan untuk Insya Allah berobat secara penuh untuk kesehatan kami, sambil mengajar di pesantren," katanya.

Bertepatan dengan hari raya Idulfitri di mana umat Islam bermaaf-maafan, Sarkawi pun meminta maaf kepada segenap warga atas keputusannya tersebut. Pun, dia meminta maaf bila ada kekurangan selama memimpin Bener Meriah.

"Selama memimpin Bener Meriah, banyak sekali kekurangan-kekurangan, ini kami mohonkan maaf kepada bapak ibu hadirin yang dimuliakan Allah SWT. Dan Insya Allah [dirinya] akan fokus dalam merestorasi pendidikan keagamaan melalui pesantren yang kami kelola," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkab Bener Meriah, Wahidi menerangkan bahwa Sarkawi sudah menyampaikan niatnya untuk mundur itu ke Plt Gbernur Aceh Nova Iriansyah. Selanjutnya, kata dia, proses administrasi akan diproses saat hari kerja, usai libur Idul FItri.

"Sampai surat keputusan pengunduran diri beliau resmi disetujui oleh Pejabat yang berwenang, beliau masih akan menjalankan tugas dan kewajiban sepenuhnya sebagai Bupati," ujar Wahidi kepada CNNIndonesia.com. (Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]