Moeldoko: Situasi Tak Normal, Kita Harus Kerja di atas Normal

CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 18:30 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan keterangan kepada wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Pemerintah resmi meluncurkan situs Kartu Prakerja yang diharapkan dapat membantu tenaga kerja yang terdampak COVID-19 untuk meningkatkan keterampilan melalu berbagai jenis pelatihan secara daring yang dapat dipilih sesuai minat masing-masing pekerja. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pd Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, meminta stafnya tetap bekerja di atas normal meski situasi tidak normal. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara halalbihalal secara virtual meminta staf Kantor Staf Kepresidenan (KSP) beradaptasi dengan situasi yang menjadi tidak normal akibat pandemi virus corona (Covid-19) supaya bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Saat ini kita menghadapi situasi yang tidak normal. Namun, kita dituntut untuk terus bekerja di atas normal. Untuk itu, rekan-rekan semua harus memiliki integritas, komitmen profesional, dan menjalankan tugas dengan baik," katanya dalam acara halalbihalal secara virtual pada hari pertama kerja setelah libur Hari Raya Idul Fitri di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (26/5) dikutip dari Antara.

Moeldoko mengatakan staf KSP dapat aktif kembali bekerja dengan pengaturan kehadiran di kantor untuk menjalankan tugas pengawasan dan evaluasi.


"Untuk itu, kita harus melihat situasi di lapangan secara langsung di mana evaluasi terkadang butuh kehadiran tanpa bisa dilakukan dengan sistem bekerja dari rumah," katanya.

KSP, menurut dia, akan menyiapkan protokol dan prasarana untuk mendukung aktivitas kerja di kantor dalam situasi normal baru atau The New Normal. Aktivitas itu mengharuskan penerapan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

"Tetap waspada, sepanjang protokol kesehatan dijalankan dengan baik, melakukan cuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak, saya pastikan kita akan sehat. Sekali lagi, jangan takut berlebihan, kita hadapi dengan penuh kewaspadaan," ujar Moeldoko.

"Berdamai dengan Covid-19 analoginya seperti melawan dingin. Kita harus menggunakan jaket, bukan melawan dingin dengan membuka baju. Kuncinya adalah disiplin menjalankan protokol baru," ia menambahkan.

Moeldoko mengatakan dia beserta para deputi tetap menjalankan aktivitas sehari-hari di kantor.

"Peran KSP tidak menurun. Apapun situasinya, jangan sekali-kali bekerja di bawah normal. KSP telah menyiapkan dan mengatur beberapa protokol dengan baik," tutur Moeldoko. (Antara/bac)

[Gambas:Video CNN]