New Normal di 25 Kabupaten/Kota, TNI Siap Disiplinkan

CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 21:45 WIB
Apel sebelum simulasi penyandraan korban oleh teroris dalam rangka penutupan  latihan mitigasi aksi terorisme integrative yang diikuti personel TNI, Polri dan instasi terkait tersebut sebagai upaya pengamanan pelaksanaan Asian Games 2018, Jakarta (27/7). (CNN Indonesia/ Hesti Rika) Ilustrasi aparat. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah mengerahkan aparat TNI dan Polri di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota untuk menyiapkan kedisiplinan masyarakat menjelang penerapan new normal di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dalam jumpa pers, Selasa (26/5) pagi tadi menyatakan, kegiatan ini disebut sebagai pendisiplinan protokol kesehatan. Sekitar 340 ribu personel diterjunkan dalam kegiatan kali ini.

"Pendisiplinan protokol kesehatan ini akan dilaksanakan seperti yang disampaikan Bapak Presiden adalah empat provinsi dan 25 kabupaten/kota. Objeknya adalah tempat-tempat lalu lintas masyarakat, pasar-pasar rakyat, kemudian tempat pariwisata," ujar dia.


Pendisiplinan akan dilakukan secara bertahap dengan memastikan protokol kesehatan di masyarakat yakni penggunaan masker, mencuci tangan, hingga pembatasan pengunjung di tempat-tempat keramaian.

Empat provinsi yang bakal dijaga aparat TNI/Polri yakni Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Gorontalo.

Infografis Aturan New Normal Ritel dari KemenkesFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
Sementara 25 kabupaten/kota lainnya antara lain Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis (Riau).

Selain itu, Kota Palembang, Kota Prabumulih (Sumsel); Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang (Banten); Kota Tegal (Jateng); Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang (Jatim);

Kota Palangkaraya (Kalimantan Tengah); Kota Tarakan (Kalimantan Utara); Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala (Kalimantan Selatan) ; dan Kabupaten Buol (Sulawesi Tengah)

Rencana penerapan tatanan hidup baru alias new normal sudah digaungkan pemerintah sejak beberapa pekan terakhir. Presiden Joko Widodo beberapa kali meminta masyarakat berdamai dengan virus corona selama vaksin dan obat belum ditemukan.

Jokowi sendiri telah meninjau prosedur standar penerapan new normal di bidang transportasi dengan mengunjungi stasiun MRT Bundaran HI dan perniagaan di Mal Summarecon Bekasi pada Selasa (26/5). Menurutnya, penerapan new normal ini perlu dijalankan untuk memastikan masyarakat produktif namun tetap aman dari Covid-19.

(psp/arh)

[Gambas:Video CNN]