RS Pulau Galang Baru Rawat 36 Pasien Corona

CNN Indonesia | Senin, 01/06/2020 01:15 WIB
Pasien COVID-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (3/5/2020). Sebanyak 18 pasien COVID-19 yakni 15 ABK KM Kelud dan tiga anggota Polri Polda Kepri dinyatakan sembuh dan dipulangkan setelah menjalani perawatan dan dua kali tes swab dengan hasil negatif. ANTARA FOTO/Pradanna Putra Tampi/Mnk/aww. Kapasitas perawatan pasien virus corona di RS Pulau Galang masih cukup besar karena baru digunakan sepersepuluh dari kapasitas totalnya. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M N Kanwa).
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Corona Achmad Yurianto mengatakan saat ini total pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pulau Galang, Batam sebanyak 36 orang.

Jumlah ini bahkan belum setengahnya dari kapasitas yang bisa ditampung rumah sakit tersebut untuk menangani pasien rawat inap yang telah dikonfirmasi menderita Covid-19.

"Laporan yang kami terima, yang dirawat 36 orang, artinya kapasitas kita masih cukup secara keseluruhan begitu," kata Yuri saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (31/5).


Rumah Sakit Pulau Galang sendiri saat dibangun total memiliki 360 tempat tidur. Tak hanya itu, dari 360 tempat tidur ini, 100 di antaranya disediakan untuk keperluan ICU.

"Rumah sakit ini kita bangun dengan kapasitas terpasang adalah 360 tempat tidur. Diantaranya ada 100 untuk ICU," kata Yuri.

Selain Pulau Galang, di Jakarta pemerintah juga menyediakan Wisma Atlet Kemayoran yang semula tempat menginap para Atlet Asian Games pada 2018 lalu, namun saat ini wisma tersebut digunakan untuk penanganan pasien Covid-19.

Pada tahap pertama, kurang lebih empat tower digunakan dalam penanganan wabah ini.

Peruntukan tower-tower ini pun berbeda, ada yang digunakan khusus untuk Posko Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ada yang digunakan untuk tempat tinggal para dokter, perawat hingga tim paramedis yang membantu pasien selama dirawat di Wisma Atlet. Kemudian, tower yang memang disediakan untuk menampung pasien positif corona.

(tst/sfr)