11 Provinsi Tanpa Tambahan Kasus Corona, 4 Provinsi Tambah 1

CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 17:25 WIB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (kanan) memberikan keterangan terkait penanganan virus corona di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Yuri mengatakan pemerintah kedepannya akan menerapkan tes cepat (rapid test) COVID-19 melalui darah yang hasilnya dapat keluar lebih cepat, dapat dilakukan oleh seluruh rumah sakit di Indonesia dan akan efektif dilakukan kepada pasien yang telah terjangkit virus corona selama satu minggu. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan angka penambahan kasus positif virus corona (Covid-19) nihil terjadi di 11 provinsi pada Selasa (2/6) hingga pukul 12.00 WIB.

11 provinsi itu adalah Aceh, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Riau, Sulawesi Barat, serta Nusa Tenggara Timur (NTT).

"[Sebanyak] 11 provinsi yang hari ini dilaporkan tidak ada penambahan kasus sama sekali," kata Yuri dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (2/6).


Selanjutnya, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya diketahui empat provinsi hanya mengalami penambahan satu kasus positif virus corona pada Selasa (2/6) ini hingga pukul 12.00 WIB. Empat provinsi itu adalah Bengkulu, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, serta Lampung.


Bengkulu diketahui menjadi provinsi yang kembali menemukan kasus positif virus corona setelah penambahan kasus positif virus corona di provinsi itu dilaporkan nihil pada Senin (1/6).

Hal serupa juga terjadi di tiga provinsi lainnya yakni Sumatera Barat yang bertambah tujuh kasus, Gorontalo yang bertambah 14 kasus, serta Papua Barat yang bertambah empat kasus.

Namun masih ada provinsi yang bertambah signifikan kasus coronanya yakni Jawa Timur, Papua dan DKI Jakarta.


Kemarin, Yuri menyampaikan bahwa tak terjadi penambahan kasus positif virus corona di 15 provinsi. Wilayah itu meliputi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Riau, Maluku, Papua Barat, serta Gorontalo.

"Hari ini 15 provinsi yang tidak ada laporan kasus positif," kata Yuri dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (1/6). (mts/osc)

[Gambas:Video CNN]