Dokter di RSUD Ternate Positif Corona, Diduga Tertular Pasien

CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 12:50 WIB
Petugas kesehatan melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 kepada warga yang mengikuti kegiatan keagamaan beberapa waktu lalu di Gowa, Sulawesi Selatan di Sport Centre Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Jumat (10/4/2020). Pemerintah setempat melakukan rapid test kepada 60 warga usai pasien pertama dinyatakan positif COVID-19 setelah kembali dari kegiatan tersebut. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/pras. Ilustrasi tenaga medis corona. (ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin)
Ternate, CNN Indonesia -- Seorang dokter umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie Ternate, Maluku Utara terkonfirmasi positif Covid-19. Dokter tersebut diduga kuat ia tertular dari pasien yang dirawatnya.

Dokter perempuan berinisial CT (27 tahun) itu mulaya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun dari hasil pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM), ia dinyatakan positif Selasa (2/6) kemarin.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate, dr Muhammad Sagaf yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

"Benar, ada dokter umum yang kena (Covid-19)," kata Sagaf, Rabu (3/6).


Ia menyatakan, riwayat penularan sang dokter masih ditelusuri. Namun ia diduga kuat terpapar dari pasien yang dirawatnya.

"Kemungkinan besar kontak dengan pasien," kata dia.

Selain dr CT, Muhammad mengatakan ada sejumlah tenaga medis lain yang telah terpapar Covid-19. Saat ini mereka diisolasi di empat tempat berbeda.

"Ada yang di (Hotel) Dragon, (Hotel) Sahid, Rumah Sakit (Chasan Boesoirie), dan (Hotel) Vellya," jabarnya.

Informasi yang dihimpun CNNIndonesia.com, dr. CT merupakan dokter internship dan bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSCB. (sai/sur)

[Gambas:Video CNN]