Dirawat 77 Hari, Pasien Pertama Corona di Sultra Sembuh

pnd, CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 22:44 WIB
Dua orang paramedis saling membantu dalam mengenakan pakaian dan alat pelindung diri (APD) sebelum bertugas menangani pasien COVID-19 di Ciputra Hospital, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Ciputra Group melalui Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta  dan Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang mulai Jumat (1/4/2020) mengoperasikan ruang isolasi berkapasitas 210 tempat tidur untuk menangani pasien COVID-19 sebagai bentuk aksi Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat dan dukungan kepada pemerintah dalam melawan COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Kendari, CNN Indonesia -- Dua pasien virus corona asal Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah diperbolehkan keluar dari ruang isolasi Covid-19 setelah dinyatakan sembuh, Rabu (3/6). Dua pasien tersebut merupakan kasus pertama terkonfirmasi positif corona di Sultra yang diumumkan 19 Maret 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal menyatakan kedua pasien tersebut dirawat di ruang isolasi RSU Bahteramas Kendari selama dua bulan lebih atau 77 hari sejak didiagnosa terinfeksi virus corona.

"Pasien sembuh dari Kabupaten Konawe ini merupakan kasus terindetifikasi pertama positif Covid-19 di Sultra," kata Rabiul Awal dalam keterangannya.


Keduanya adalah bagian dari klaster umrah di Arab Saudi yang berjumlah tiga orang. Selain dua pasien tersebut, pada hari ini, ada lima pasien lainnya yang dinyatakan sembuh. Kelimanya berasal dari Kota Kendari.

Rabiul menyebut lima pasien tersebut sembuh berdasarkan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit Umum Bahteramas Kendari.

Dengan tambahan tujuh pasien sembuh, maka total pasien yang dinyatakan negatif setelah menjalani dua kali swab sebanyak 131 orang.

Gugus Tugas Covid-19 Sultra juga mengumumkan tujuh tambahan kasus baru.Yakni, dua orang dari Kabupaten Bombana yang merupakan pelaku perjalanan dari Magetan Jawa Timur dan lima orang dari Kabupaten Buton Tengah eks penumpang KM Ngapulu.

Dengan penambahan tujuh kasus baru ini, maka total kasus terkonfirmasi positif corona di Sultra sebanyak 251 kasus dengan rincian empat orang meninggal dunia dan 116 orang masih dalam perawatan di ruang isolasi di beberapa rumah sakit di Bumi Anoa.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sultra, kasus virus corona tersebar di 12 daerah dari total 17 kabupaten dan kota di Sultra.

Kabupaten Kolaka sebanyak 3 kasus, Konawe 8 kasus, Muna 19 kasus, Kota Kendari 62 kasus, Kota Baubau 15 kasus, Konawe Selatan 9 kasus, Kolaka Utara 12 kasus, Wakatobi 10 kasus, 72 kasus, Kolaka Timur 12 kasus, Muna Barat 2 kasus dan Buton Tengah 27 kasus.

Sedangkan lima kabupaten lainnya, yakni, Buton, Buton Selatan, Buton Utara, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan tidak ditemukan kasus dan dibolehkan untuk memberlakukan kebijakan new normal dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. (wis/wis)

[Gambas:Video CNN]