CFD Belum Digelar, Warga Sudah Ramai di Sudirman-Thamrin

CNN Indonesia | Minggu, 07/06/2020 08:49 WIB
Warga memadati area di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin meski area tersebut belum Bebas Kendaraan Bermotor. Sejumlah warga meramaikan area CFD Sudirman-Thamrin, Jakarta, meskipun area tersebut belum resmi bebas kendaraan bermotor di masa transisi PSBB DKI. (CNN Indonesia/Thohirin).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah warga meramaikan area car free day (CFD) di sepanjang jalan Sudirman hingga Thamrin, Jakarta Pusat. Padahal, area tersebut belum resmi bebas kendaraan bermotor di masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi virus corona.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sekitar pukul 07.00 WIB, Jalan Sudirman sampai dengan Thamrin masih dilalui lalu lalang kendaraan bermotor, meski tidak sepadat hari-hari biasanya. Jalanan di sekitar masih terpantau lengang.

Sementara itu, warga yang memilih berolahraga hanya bisa memadati bahu jalan dan trotoar. Warga yang berolahraga di area tersebut sebagian besar juga terlihat dengan berspeda.


Kendati banyak warga beraktivitas olahraga, tidak ada satu pun pedagang yang tampak berjualan di area sekitar.

Nawaf (20), salah satu warga yang tengah berspeda mengaku tak mengetahui area Jalan Senayan sampai dengan Thamrin belum dibuka untuk CFD. Namun, ia mengaku memang rutin berolahraga dengan teman-temannya di area CFD saban Minggu pagi.

Minggu lalu misalnya, dengan beberapa temannya ia juga berolahraga dengan sepeda, meskipun CFD belum dibuka. Nawaf mengatakan area Sudirman Thamrin selalu ramai warga yang berolahraga di Minggu pagi.

Karenanya, meski hari ini juga belum resmi dibuka, ia dan sejumlah kawannya tetap kembali berolahraga di sepanjang jalan tersebut.
Warga memadati area di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin meski area tersebut belum Bebas Kendaraan Bermotor.Warga memadati area di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin meski area tersebut belum Bebas Kendaraan Bermotor, Minggu (7/6). (CNN Indonesia/ Thohirin).
"Ada saja yang CFD," katanya, Minggu (7/6) pagi.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta sebelumnya mengumumkan belum menerapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD, di tengah penerapan PSBB masa transisi di Jakarta.

Kebijakan itu berlaku untuk semua tempat yang biasa menerapkan CFD di sejumlah tempat di Jakarta.

"HBKB masih ditiadakan sampai ada pengumuman lebih lanjut," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi melalui pesan singkat. (thr/bir)

[Gambas:Video CNN]