PSBB Transisi, Kawasan Sudirman-Thamrin Kembali Ramai

CNN Indonesia | Senin, 08/06/2020 11:28 WIB
Kendaraan bermotor, mulai dari sepeda motor, mobil, dan angkutan umum melintas di Bundaran HI, Jalan Jenderal Sudirman-MH. Thamrin, saat hari pertama perkantoran dibuka dalam PSBB transisi, Senin (8/6). Kendaraan bermotor berbagai jenis melintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat, 8 Juni 2020. (CNN Indonesia/ Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekerja kantor mulai meramaikan kawasan sekitar Bundaran HI, Jalan Jenderal Sudirman-MH. Thamrin, Jakarta Pusat, pada hari pertama pembukaan perkantoran saat masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

Tak hanya pejalan kaki, lalu lintas kendaraan di kawasan tersebut juga terpantau ramai lancar.

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan sejak pukul 08.00-09.30 WIB, lalu lalang pejalan kaki terlihat silih berganti menuju sejumlah gedung perkantoran di kawasan sekitar Bundaran HI.


Mereka terlihat datang dari halte Transjakarta, dan tak sedikit yang menggunakan jasa ojek online.

Di sepanjang trotoar kawasan Bundaran HI, terlihat puluhan petugas Satpol PP yang berjaga. Mereka beberapa kali menegur orang-orang yang lewat karena membuka masker.

Salah seorang petugas Dinas Perhubungan yang bertugas di Pelican Crossing, Jalan MH Thamrin, Achmad Luvi mengatakan situasi hari ini di kawasan tersebut berbeda dengan hari-hari awal penerapan PSBB di Ibu Kota.

"Saya kan emang tugas di sini. Kalau awal PSBB itu, benar-benar sepi. Pekerja yang nyebrang itu paling 1-2 orang aja di jam-jam sibuk pagi," kata Luvi kepada CNNIndonesia.com, Senin (8/7).
Infografis Protokol Kesehatan Tempat Usaha PSBB Transisi Jakarta
Luvi mengungkapkan terlihat peningkatan jumlah orang yang lalu lalang di sepanjang trotoar pada pagi ini dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya saat PSBB dimulai 10 April lalu.

"Kayak tadi, itu beberapa kali, setiap menyebrang itu 5-10 orang, beda sama awal-awal (PSBB). Tapi itu kalau dibanding hari normal juga jauh. Biasanya setiap nyebrang hari normal bisa belasan orang," ujarnya.

Sementara itu, salah satu karyawan yang bekerja di perkantoran kawasan tersebut, Yohan mengatakan hal serupa.

Menurutnya, terjadi peningkatan aktivitas di kawasan tersebut dibandingkan saat belum ada pelonggaran PSBB.

"Saya sejak awal PSBB kan masih masuk kantor, dibagi per-shift. Nah Ini memang terlihat lebih ramai kalau dibanding waktu sebelum PSBB dilonggarin," kata Yohan.

Lalu Lintas

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 08.00-09.30 WIB kondisi arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH. Thamrin di sekitar Bundaran HI terpantau ramai lancar.

Kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut cukup ramai, namun tidak sampai terjadi kemacetan. Petugas kepolisian hingga Dinas Perhubungan terlihat sibuk mengatur lalu lintas di sekitar Bundaran HI.

Mayoritas kendaraan roda dua yang melintas terlihat tidak berboncengan. Sesekali ojek online juga terlihat melintas.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengizinkan perkantoran kembali dibuka saat PSBB transisi. Anies pun meminta protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dipatuhi.

Aturan tersebut antara lain, menerapkan batasan kapasitas jumlah orang paling banyak 50 persen, melakukan pengaturan hari kerja hingga jam kerja dan sistem kerja, mewajibkan pekerja menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer dan sebagainya.

Namun, kemarin terjadi peningkatan kasus positif virus corona di DKI Jakarta dalam pertambahan harian dengan 163 kasus. Sehingga akumulasi kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 8.033. Dari jumlah itu, 3.130 orang sembuh dan 529 orang lainnya meninggal dunia. (yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK