Polri Pertimbangkan Tambah Waktu Dispensasi Perpanjangan SIM

dis, CNN Indonesia | Selasa, 09/06/2020 15:29 WIB
Terjadi antrean perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mall Metropolitan kota Bekasi Antrean warga yang mengurus perpanjangan masa berlaku SIM. (CNN Indonesia/ Nadhen Ivan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian RI mempertimbangkan memperpanjang masa dispensasi perpanjangan SIM. Hal ini buntut dari antrean panjang masyarakat yang ingin memperpanjang SIM di sejumlah Satpas dan Polres setelah dibuka kembali pada 30 Mei lalu.

Kepala Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengatakan masa dispensasi pelayanan SIM memungkinkan untuk diperpanjang.

"Memungkinkan (untuk memperpanjang masa dispensasi)," kata Istiono kepada CNNIndonesia.com, Selasa (9/6).


Hal ini merespons rencana Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang berencana meminta perpanjangan masa dispensasi layanan perpanjangan SIM untuk mencegah terjadinya penumpukan.


Istiono menyebut pihaknya tak menutup kemungkinan menyetujui rencana Ditlantas Polda Metro yang mengajukan perpanjangan dispensasi layanan perpanjangan SIM tersebut.

"Bisa disetujui," ucap Istiono.

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Singgamata menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan kajian dari berbagai aspek sebelum memutuskan dispensasi layanan SIM diperpanjang.

"Demi masyarakat sangat mungkin. Polisi kan ada untuk masyarakat. Saya sedang lakukan kajiannya. Karena berbagai aspek kami pertimbangkan," kata dia.

Dihubungi terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan sampai saat ini pihaknya masih mengkaji soal pengajuan perpanjangan masa dispensasi tersebut.


Sambodo menjelaskan, pihaknya masih melakukan perhitungan terkait jumlah pemilik SIM yang masa berlakunya habis di masa pandemi virus corona dengan kapasitas produksi yang mereka miliki.

"Kan selama tiga bulan kemarin yang belum diperpanjang berapa, kapasitas produksi SIM harian kita berapa, nanti kan bisa kita hitung, berapa hari untuk menyelesaikan itu, nanti setelah dihitung baru kita ajukan untuk perpanjangan dispensasi," tuturnya.

Diketahui, layanan perpanjangan SIM kembali dibuka akhir Mei lalu setelah hampir tiga bulan ditutup karena pandemi virus corona.

Layanan perpanjangan SIM dibuka dengan pembatasan jam operasional, yakni pada Senin-Jumat dimulai pukul 08.00-13.00 WIB, dan pada Sabtu dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.


Sejak dibuka, masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM pun membludak. Pada 5 Juni lalu misalnya, antrean terjadi di Satlantas Jakarta Timur, Jalan Kebon Nanas sejak pukul 02.00 WIB.

Kemudian, Senin (8/6) kemarin, antrean juga terjadi di Mapolres Jakarta Selatan sejak pukul 04.00 WIB. Mereka rela mengantre demi mendapatkan nomor perpanjangan SIM yang dibatasi 300 pemohon per harinya. (osc)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK