VIDEO: Membedah Risiko PSBB Transisi Surabaya Raya

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 11/06/2020 14:24 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaksanaan PSBB Surabaya Raya dihentikan dan lanjut menjadi masa transisi. Namun di masa ini PSBB Surabaya Raya mendapat kritik dari sebagian pihak.

Salah satunya, Pakar epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Windhu Purnomo mengatakan wilayah Surabaya Raya belum layak menghentikan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menerapkan transisi New Normal. Untuk angka serangan infeksi, wilayah Surabaya Raya masih memperoleh angka tinggi yakni 90 per 100.000 penduduk. Lalu untuk tingkat kematian Surabaya Mencatat angka sebanyak 9 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari angka serangan infeksi di kota-kota besar lainnya, seperti DKI Jakarta yang saat ini tercatat mencapai 70 per 100.000.

Dalam pedoman WHO dan Bappenas, Windhu menjelaskan, sebuah daerah baru bisa dikatakan terkendali jika tingkat Rt stabil berada di bawah angka 1 berturut-turut selama dua pekan ke depan.

Jawa Timur menjadi provinsi dengan penambahan kasus baru dengan 273 pasien positif corona per 10 Juni. Hingga kini, Jawa Timur mencatat 6.808 penambahan jumlah kasus infeksi virus corona, kedua terbanyak setelah DKI Jakarta.