DPR Rapat Paripurna Virtual Hari Ini, Puan Akan Berpidato

CNN Indonesia | Senin, 15/06/2020 07:13 WIB
Sejumlah anggota DPR menghadiri Rapat Paripurna masa persidangan III 2019-2020 secara langsung,  di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Dalam rapat paripurna tersebut beragendakan penyampaian Pemerintah terhadap Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM dan PPKF) RAPBN TA 2021 dan pengambilan keputusan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 atau Perppu Corona menjadi UU. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) menggelar rapat paripurna pembukaan masa sidang IV hari ini, Senin (15/6). Rapat ini akan menyudahi masa reses yang telah dijalani para anggota dewan sejak 12 Mei lalu.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan rapat masih akan dilakukan secara virtual, seperti rapat-rapat lainnya saat PSBB pandemi virus corona diterapkan.

"Paripurna pembukaan masa sidang rencananya jam 14.00 WIB. Masih dengan virtual," kata Indra melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Minggu (14/6).


Indra menyampaikan hanya pimpinan DPR RI dan perwakilan sembilan fraksi yang akan hadir di Kompleks Parlemen, Senayan. Sementara anggota dewan lainnya dipersilakan hadir menggunakan telekonferensi.

Rapat pembukaan masa sidang akan dimulai dengan pembacaan anggota dewan pergantian antarwaktu (PAW). Rapat akan dilanjutkan dengan pidato Ketua DPR RI Puan Maharani.

Pada reses masa sidang III lalu, DPR menerapkan beberapa aturan merespons pandemi virus corona. Anggota dewan diperbolehkan menggunakan dana sosialisasi empat pilar negara untuk membeli sembako yang dibagikan ke dapil masing-masing.

DPR juga beberapa kali menggelar kegiatan rapat meski masa reses. Awalnya, kebijakan ini diterapkan agar DPR bisa ikut mengawal penanganan corona. Beberapa kali DPR rapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.

Namun seiring berjalan waktu, beberapa agenda noncorona juga digelar parlemen. Salah satu yang menyedot perhatian publik adalah pembahasan RUU Cipta Kerja di Badan Legislasi DPR RI yang terus lanjut saat reses.

Yang paling terbaru, Baleg DPR RI menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) RUU Cipta Kerja. Pada Kamis (11/6), Baleg mengundang AJI dan Dewan Pers untuk membahas soal industri media. Lalu dilanjut RDPU dengan MUI, PP Muhammadiyah, dan PBNU terkait sertifikasi halal di RUU itu. (dhf/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK