Akun Instagram YLBHI Diduga Diretas, Admin Tak Bisa Login

CNN Indonesia | Senin, 15/06/2020 15:57 WIB
dangerous hacker stealing data -concept Ilustrasi peretasan akun media sosial (Istockphoto/ Xijian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akun Instagram milik Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yakni @yayasanlbhindonesia mendadak tidak bisa dipakai. Admin tidak bisa mengakses atau login pada Senin (15/6).

"Untuk sementara waktu IG YLBHI diambil alih orang lain. Admin enggak bisa mengakses IG tersebut," tutur Ketua Bidang Jaringan dan Kampanye YLBHI, Arif Yogiawan lewat pesan singkat, Senin (15/6).

Yogi menjelaskan bahwa dirinya mendapat kabar tersebut sekitar pukul 13.00 WIB, Senin (15/6). Salah seorang staf yang selama ini menjadi admin tidak bisa login.
Sejauh ini, belum ada konten yang diunggah akun IG YLBHI selepas tidak bisa diakses oleh admin. Pula, belum ada konten yang dihilangkan dari akun IG YLBHI.


Meski demikian, Yogi mengatakan pihaknya sudah meminta agar berhati-hati terkait peretasan. Terlebih, YLBHI baru saja menggelar diskusi bertajuk Tanda-Tanda Otoritarianisme Pemerintah pada Minggu kemarin (14/6).

"Melihat fenomena yang ramai tentang peretasan, kemarin kita meminta supaya lebih berhati-hati aja, karena mungkin saja bisa terjadi ke YLBHI," kata Yogi.
Sebelumnya, Ketua YLBHI Asfinawati mengatakan peretasan akun para aktivis terjadi secara masif. Terutama mereka yang selama ini vokal mengkritik RUU Omnibus Law Cipta Kerja.

Korban peretasan yang dimaksud antara lain Koordinator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Merah Johansyah, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Fajar Adi Nugroho.

Kemudian, aktivis Gejayan Memanggil Syahdan Husein serta peneliti SafeNet damar Juniarto. Nomor WhatsApp Aktivis Ravio Patra juga diduga diretas dan menyebarkan propaganda negatif.

[Gambas:Instagram]

(bmw/sur)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK