Sepekan Mal Buka, Wagub DKI Klaim Pengelola Patuhi Protokol

CNN Indonesia | Minggu, 21/06/2020 06:01 WIB
Ahmad Riza Patria, Politikus Gerindra Wagub DKI Ahmad Riza Patria. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pasar, pusat perbelanjaan, dan mal di DKI Jakarta telah beroperasi kembali selama kurang lebih satu pekan pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza menyebut, sejumlah pusat perbelanjaan maupun pasar di ibu kota sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan baik selama beroperasi satu pekan ini. Hal itu dikatakan Riza usai meninjau Pasar Palmerah dan Mal Central Park Sabtu (20/6).

Menurut Riza, dari pengamatannya, pengelola mal telah mematuhi protokol kesehatan, seperti pembatasan kapasitas pengunjung sebanyak 50 persen, penggunaan face shield bagi penjaga toko/gerai makanan dan minuman, penyediaan tempat cuci tangan, jaga jarak saat di antrean mesin ATM, dan sebagainya.


"Kemudian juga tombol lift-nya tidak boleh disentuh. Di setiap toko juga tadi bagus sekali dilakukan pembatasan jumlah pengunjung," kata Riza dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/6).

"Luasnya berapa umpamanya tadi ada 43 meter persegi hanya diperbolehkan tiga pengunjung, pembeli yang bisa masuk," lanjut dia.

Riza menambahkan, pengelola Mal Central Park juga sudah menyediakan mesin pemindai QR Code di pintu depan sebelum memasuki mal untuk mengetahui jumlah pengunjung mal.

Selain mal, Riza juga melihat penerapan protokol kesehatan di Pasar sudah berjalan dengan baik. Di Pasar Palmerah, pengelola sudah mulai menerapkan pembatasan pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan tanda traffic flow, serta pedagang dan pengunjung telah menggunakan masker.

"Alhamdulillah sejauh pencermatan saya, rambu-rambu pelaksanaan protokol Covid-19 telah dilaksanakan dengan baik," tutur Riza.

(dmi/osc)

[Gambas:Video CNN]